Pantangan Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin sebagian dari anda mengatakan bahwa kolesterol itu jahat dan tidak baik untuk tubuh kita, padahal kolesterol sendiri adalah zat alami yang ada pada tubuh kita ini. Lalu, jika kolesterol adalah zat yang secara alami ada di dalam tubuh, maka apakah fungsi dari kolesterol ini? Apa manfaatnya untuk tubuh kita?

    Dan makanan apa saja yang menjadi pantangan bagi penderita kolesterol tinggi? silakan disimak ulasan berikut ini:

    Apa Itu Kolesterol?

    Kolesterol adalah suatu zat berlilin yang terdapat di setiap sel yang ada di tubuh kita dimana zat ini merupakan zat yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita karena kolesterol ini menghasilkan vitamin D, hormon, dan zat yang lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Kolesterol sendiri diproduksi oleh organ seperti hati dan juga melalui makanan yang anda makan.

    Fungsi dari kolesterol untuk tubuh antara lain sebagai prekursor untuk banyak hormon seperti esterogen dan juga testerogen, cairan membran dan juga sangat berpengaruh terhadap pembentukan asam empedu yang sangat membantu dalam proses pencernaan lemak.

    Jenis-jenis Kolesterol

    Kolestrol sendiri tidak bisa berpindah melalui aliran darah dengan sendirinya, zat ini membutuhkan zat lainnya agar bisa berpindah melalui aliran darah. Kolesterol akan berpindah melalui aliran darah dengan  bentuk yang kecil dengan mengikat protein, karena itulah disebut dengan lipoproterin. lipoprotein sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu low-density lipoproteins (LDL), high-density lipoproteins (HDL).

    Low-density lipoproteins (LDL) dikenal sebagai kolesterol yang jahat karena jika kadar kolesterol jenis ini tinggi maka akan menyebabkan penumpukan lemak di dalam darah dan pada akhirnya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti serangan jantung, stroke, bahkan gagal jantung.

    Sedangkan High-density lipoproteins (HDL) biasanya dianggap sebagai kolesterol yang baik, karena kolesterol ini membawa lemak dari semua bagian tubuh kembali ke hati. Sehingga kolesterol baik ini membersihkan semua lemak yang ada di dalam aliran darah dan organ-organ yang ada di tubuh yang selanjutnya akan di teruskan dan diolah di hati.

    Maka agar anda terhindar dari penyakit kolesterol tinggi ini anda harus memiliki kadar LDL dan HDL yang normal. Caranya bisa dengan mengontrol makanan yang anda makan, lalu apa saja makanan yang harus anda hindari bagi anda pengidap kolesterol tinggi?

    1. Makanan Cepat Saji

    Makanan cepat saji lebih baik anda hindari, karena makanan cepat saji banyak mengandung trans lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau (LDL).

    2. Keju

    Keju mengandung kalsium yang tinggi dan juga merupakan sumber protein vegetarian, hanya saja untuk 100gram keju saja terdapat 123 miligram kolesterol, sehingga bagi anda pencinta keju ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan kesayangan anda ini dengan jumlah yang sedang.

    3. Seafood

    Makanan laut juga perlu anda waspadai seperti lobster, kerang, dan udang karena mengandung kolesterol dalam jumlah yang besar dan akan semakin berbahaya jika makanan ini dimasak dengan mentega.

    4. Gorengan

    Kebanyakan makanan yang digoreng mengandung banyak kolesterol (LDL), apalagi cara menggoreng dengan metode deep-frying.

    5. Mentega

    Bagi anda penderita kolesterol tinggi maka sebaiknya menghindari dalam mengkonsumsi mentega olahan, karena mentega ini mengandung trans-fat dan juga sodium yang akan meningkatkan kada kolesterol (LDL).

    Makanan tersebut juga lebih baik dihindari atau dikurangi bagi anda yang masih belum terkena kolesterol tinggi, karena seperti kata-kata yang biasa kita dengar “Mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pantangan Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar