Makanan Khas Di Kabupaten Tambrauw

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabupaten Tambrauw terletak di bagian timur indonesia, salah satu bagian dari provinsi Papua Barat, Indonesia. Kabpupaten ini di resmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto pada tanggal 29 Oktober 2008  dab didirikan dari sebagian bekas wilayah atau pecahan dari wilayah kabupaten Sorong dan Kabupaten Manokwari.

    Pada saat ini makanan banyak di jadikan sebagai icon wisata oleh banyak orang, tak heran karena makanan bisa membuat orang-orang menjadi lupa akan masalah-masalah yang sedang mereka hadapi atau bisa saja menjadi penenang bagi sebahagian orang dalam kehidupan sehari-harinya

    Kabupaten Tambrauw sendiri memiliki banyak makanan khas yang masih jarang di ketahui oleh orang, khususnya orang-orang dari luar kabupaten Tambarauw.

    Adapun makanan khas dari kabupaten Tambrauw yakni:

    1. Abon Gulung

    Panganan ini umumnya berasala dari manokwari tetapi karena sebahagian orang yang bertinggal di Tambrauw berasal dari Manokwari, Jadi Abon Gulung ini bisa di jadikan salah satu makanan khas dari Tambrauw.
    Abon Gulung bisa juga di jadikan salah satu buah tangan khas apabila kita berlibur ke kabupaten Tambrauw.

    Makanan ini dilapisi dengan roti gulung dan di beri isi daging. Makanan ini memiliki tekstur yang berserat dan gurih yang berasal dari abon dipadukan dengan manis dan lembutnya roti gulung

    Tidak hanya daging sapi, abon gulung juga bisa di beri varian lain, varian-varian nya terdiri dari ayam, ikan tuna, dan yang paling sederhana ialah sosis, kacang dan coklat .

    Biasa nya abon gulung di jual di pasaran dengan menggunakan kotak  dan berisi dari beberapa buah, dominan harga abon gulung perkotaknya berkisar Rp.170.000 untuk abon sapi , dan jika mencampur semua varian rasa senilai Rp.180.000.

    1. Kue Susu

    Biasanya kue susu di jadikan salah satu hidangan buka puasa oleh masyarakat di Tambrauw, Hal itu karena kue susu memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Yang membuat lidah dapat menerima makanan tersebut setelah 8j am tidak makan dan minum. Kue susu terbuat dari tepung, gula halus, dan minyak kepala, di campur dengan susu dan cokelat

    Pembuatan kue susu biasanya dengan cara di panggang dengan oven, Oven yang digunakan untuk memasak kue susu adalah manual, biasanya panganan ini diselingi dengan teh pahit karena rasanya dari kue susu yang sangat manis.

    1. Kue Pia

    Tidak hanya di jawa timur, Di Tambrauw juga terdapat kue pia, tetapi dengan bahan yang berbeda. Jika biasanya kue pia hanya di buat dengan campuran gula merah, tepung, dan kacang hijau, berbeda di Tambrauw. Di Tambrauw kue pia terdapat campuran minyak kepala pada adonan yang membuat tekstur nya menjadi lebih renyah.
    tepai pia khas Tambrauw tidak semanis kue pia yang berasal dari jawa atau bali. Karena di Tambrauw kue pia di masak dengan cara di panggang dan berdominan memiliki rasa yang gutih.

    biasanya di pasaran kue pia di jual perbiji dengan harga satuan yaitu Rp.1000/biji. Biasa nya kue pia dapat di temukan di pasar-pasar menjelang buka puasa saat Ramadahan  dan tetap tersedia di hari hari biasa.(Abrar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Di Kabupaten Tambrauw
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar