Makanan Pelengkap Nasi Khas Nganjuk

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Nasi Becek merupakan makanan pelengkap nasi khas Nganjuk, Jawa Timur. Jika tempat asalnya makanan ini bernama Sego Becek. Dikarenakan cita rasanya yang begitu khas dan juga enak, makanan ini sangat banyak diminati oleh masyarakat dan menjadi salah satu makanan yang terkenal dan juga menjadi pelengkap nasi. Banyak yang menjual Nasi Becek ini di Nganjuk, akan tetapi terdapat salah satu warung yang sangat terkenal dan begitu lama dibangun di Jalan Dr Sutumo II Kota Nganjuk.

    Nasi Becek ini sudah ada pada tahun 1940, tidak ada sama sekali yang tahu yang pertama kali jualan Nasi Becek ini. Nasi Becek ini merupakan suatu makanan yang hampir sama dengan kari Kambing. Akan tetapi Nasi Becek ini disajikan seperti soto babat/daging yang di dalamnya ini terdapat seperti irisan kubis, kecambah dan potongan daging.

    Selain itu juga Nasi Becek ini ditambahkan dengan sate kambing sebagai pelengkapnya. Paduan rasa kuah dan sate ini menjadikan sebuah keistimewaan makanan dari Nasi Becek. Proses pembuatannya, kuah Nasi Becek ini di buat dari bumbu yang cukup lengkap dari bumbu yang dihaluskan seperti rempah – rempah, sehingga menghasilkan rqsa yang sangat khas dan agar terasa rempahnya ketika memakannya. Selain itu ditambahkan nya juga potongan daging kambing dan jeroan agar Nasi Becek ini akan lebih terasa enak dan nikmat bila disantap.

    Nasi Becek ini disajikan dengan nasi panas / hangat dan di atasnya juga diberikan irisan kubis, seledri dan kecambah, setelah itu disiram dengan kuah. Bukan hanya kuah saja, akan tetapi jeroan/daging kambing seperti lemak (Gajih) dan juga balungan.

    Untuk Sate Kambing ini biasanya di hidangkan secara terpisah atau juga dihidang diatas Nasi Becek tersebut. Sate kambing bukan hanya sekedar pelengkap saja. Lezatnya sate kambing ini yang sudah dicampuri bumbu kacang, kecap dan juga bawang goreng. Apalagi jika dagingnya ini sangat empuk, pasti rasanya sangat lezat dan gurih. Nasi Becek ini  mempunyai rasa yang begitu khas. Walaupun kuahnya ini dibuat dari aneka ragam bumbu, akan tetapi mempunyai rasa yang begitu enak dan pas.

    Selain itu juga, di dalamnya dikasih toge agar memberikan aroma /rasa yang segar. Seledri ini juga memberikan sentuhan rasa dan menyingkirkan daging kambing ini yang biasanya agak kurang krenyes. Kuah Nasi Becek ini berwarna kecokelatan  seperti Rawon (makanan yang berkuah yang dibuat dari daging). Akan tetapi agak berlemak seperti gulai. Harga nasi Becek Nganjuk ini hanya Rp 13ribu / porsi. Jika ingin ditambah dengan sate, bisa juga dipesan dengan harga yang cukup terjangkau.

    Bagi yang ingin berkunjung di kota Nganjuk , Jawa Timur, pasti kurang jika belum merasakan makanan yang satu ini. Apabila kamu sedang pergi ke Surabaya , kawasan kota Nganjuk ini sangat mudah dijumpai. Lokasi nasi Becek ini terdapat di Selatan alun – alun, arah jalur menuju Kediri. Apabila tidak mau antrian yang panjang pergilah pada hari biasa atau di pagi hari. Karena warung ini ramai dikunjungi pembeli.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Pelengkap Nasi Khas Nganjuk
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar