Makanan Khas Lubuk Sikaping

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang tidak tau dengan Lubuk Sikaping yaitu  ibu kota dari Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat. Daerah yang merupakan pusat dari pemerintahan kabupaten Pasaman ini merupakan kawasan lumbung padi bagi kabupaten Pasaman tersebut. Daerah ini juga kaya akan kuliner dan juga wisata lainnya yang bisa anda coba dan anda kunjungi jika anda berkunjung ke daerah Lubuk Sikaping ini.

    Mungkin anda penasaran apa makanan khas dari daerah ini, yang mungkin anda tau hanya makanan khas Sumatera Barat aja yaitu rendang. Ternyata daerah-daerah yang ada di Sumatera Barat juga banyak memiliki makanan khas, berikut adalah makanan khas dari Lubuk Sikaping yang wajib anda ketahui.

    1. Kipang Pulut Bonjol Ita

    Jika ada wisatawan yang berkunjung ke daerah Pasaman tidak akan ketinggalan untuk mencicipi makanan ini dan juga sebagai buah tangan. Makanan ini memiliki rasa tersendiri dan harga jual kipang ini juga tidak mahal. Kipang pulut bonjol ita ini adalah salah satu produk unggulan kota pasaman dan juga sudah ada dukungan dari pemko setempat. Makanan ini sudah mulai terkenal tidak hanya di daerah itu saja tetapi juga sudah mulai menyebar ke pulau jawa.

    1. Ikan Bakar

    Ikan bakar yang disajikan sebagai hidangannya yaitu ikan mas atau ikan nila yang banyak terdapat di kolam atau di sungai yang ada di daerah tersebut. Ikan ini memiliki rasa yang menonjol yaitu rasa kunyit, ikan ini di bumbui dengan berbagai macam bumbu rempah yang semakin menambah cita rasanya. Ikan bakar ini juga disajikan dengan tambahan sambal pedas dan juga sayur gulai daun singkong yang semakin menambah dan membuat makan kita semakin nikmat.

    1. Kue Pare

    Kue yang bahan dasarnya adalah tepung beras, gula merah, parutan kelapa dan pandan ini memiliki rasa yang enak makanan ini masuk minimal 10 besar Anugerah Pesona Indonesia kategori makanan nasional. Kenapa dibilang kue pare karena kue ini bentuknya seperti pare, memiliki warna hijau dan di dalamnya berisi kelapa yang sudah dimasak dengan campuran gula merah bukan terbuat dari buah pare.

    1. Bakso Kelapa

    Bakso kepala ini sama halnya dengan bakso pada umumnya tetapi yang membedakannya yaitu wadahnya di ganti dengan kelapa muda, bakso ini memiliki rasa yang manis karena daging kelapa mudanya menyatu dengan bakso tersebut.

    Sementara itu air kepala muda di tempatkan terpisah dan bisa di minum sebagai pengganti air putih. Karena rasa yang berbeda dan bentuknya yang unik membuat orang semakin  penasaran dan rame untuk mencobanya. Anda bisa menikmatinya sambil duduk di tepian laut sambil menikmati angin laut yang sejuk.

    1. Sala Lauak

    Jika anda berkunjung ke daerah pasaman jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini yaitu sala lauak, mungkin anda bertanya tanya apa itu sala lauak. Sala lauak yaitu gorengan yang berbentuk bulat yang terbuat dari ikan asin yang dihaluskan dan dicampur dengan adonan tepung beras dan di tambah dengan bawang putih.

    Sala lauak ini memiliki tekstur yang sedikit keras dan bagian dalam yang agak lebih lunak. Sala lauak biasanya disajikan dengan hidangan pelengkap ketika anda sarapan.  Biasanya orang mensajikan sala lauak ini dengan ketupat gulai yang semakin membuat rasanya semakin nikmat. Jika anda makan ketupat gulai jangan lupa untuk menambahkan sala lauak yaa.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Lubuk Sikaping
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar