Makanan Khas Pulau Punjung

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pulau Punjung merupakan kecamatan yang berada di kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Pulau punjung memiliki sekitar 6 kelurahan dengan luas wilayah sekitar 482,52 kilometer2. Jika anda berkunjung ke Sumatera Barat jangan sampai tidak mengunjungi kecamatan pulau punjung.

    Pulau punjung memiliki makanan khas yang wajib anda coba dan jangan sampai melewatkannya. Disini saya akan memberikan macam-macam makanan khas yang berada di Pulau Punjung provinsi Sumatera Barat.

    1. Gulai Tunjang

    Gulai Tunjang yaitu makanan yang berbahan dasar dari kikil sapi. Gulai Tunjang merupakan makanan yang wajib anda coba ketika mengunjungi kecamatan Pulau Punjung provinsi Sumatera Barat karena makanan ini telah di campur dengan bumbu rempah khas padang. Gulai Tunjang memiliki tekstur yang empuk, kenyal dan lembut sehingga banyak wisatawan datang dan menikmati makanan ini.

    2. Dadiah

    Dadiah merupakan makanan khas yang berbahan dasar dari fermentasi susu kerbau yang diletakan di dalam bambu. Makanan ini di sajikan dengan di campur dengan empir yakni beras ketan. Dadiah memiliki rasa yang manis dan gurih yang membuat wisatawan mencoba makanan yang satu ini ketika berkunjung ke kecamatan Pulau Punjung Provinsi Sumatera Barat.

    3. Palai Rinuak

    Palai Rinuak merupakan makanan yang berbahan dasar ikan. Palai Rinuak sendiri memiliki arti yaitu pepes ikan. Jenis ikan yang di masak untuk Palai Rinuak yaitu ikan yang berukuran sebesar jari kelingking. Palai Rinuak di sajikan dengan cara di bungkus menggunakan daun pisang yang telah di campur dengan bumbu rempah dan parutan kelapa. Palai Rinuak wajib anda coba ketika anda mengunjungi kecamatan Pulau Punjung Provinsi Sumatera Barat.

    4. Sambal Lado Tanak

    Sambal Lado Tanak merupakan makanan yang berbahan dasar cabe yang di campur dengan santan kemudian di masak dan di campur dengan kentang, ikan teri maupun petai. Sambal lado tanak ini memiliki rasa yang pedas sehingga makanan ini di rekomendasi bagi anda yang suka kuliner yang pedas. Sambal Lado Tanak wajib anda coba saat berkunjung ke kecamatan Pulau Pujung Provinsi Sumatera Barat.

    5. Paru Goreng

    Paru Goreng merupakan makanan yang terbuat dari paru sapi yang di goreng dan di campur dengan bumbu yang diantaranya ada kunyit, ketumbar dan bawang putih. Paru Goreng memiliki rasa yang renyah dan gurih dan cocok untuk di jadikan sebagai lauk maupun dapat di jadikan sebagai cemilan. Paru Goreng wajib anda coba ketika mengunjungi ke provinsi sumatera barat.

    6. Lompong Sagu

    Lompong sagu merupakan makanan yang berbahan dasar sagu yang kemudian di campur dengan pisang dan kelapa dan di bungkus menggunakan daun pisang kemudian di bakar. Lompong sagu ini memiliki rasa yang manis dan gurih sehingga makanan ini membuat banyak wisatawan yang datang kemudian mencoba makanan ini saat berkunjung ke kecamatan Pulau Punjung Provinsi Sumatera Barat.

    7. Pensi dan Langkitang

    Pensi dan Langkitang ini merupakan makanan yang memiliki protein yang tinggi. Pensi dan Langkitang merupakan makanan yang berbahan dasar kerang air tawar maupun siput air tawar. Pensi dan Langkitang adalah makanan yang di campur dengan bumbu yang khas sehingga membuat banyak wisatawan yang mencoba makanan ini. Pensi dan Langkitang ini dapat anda temukan di rumah makan sekitar daerah Sumatera Barat dan harganya terjangkau.

    Itulah makanan yang terdapat di kecamatan Pulau Punjung Provinsi Sumatera Barat.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Pulau Punjung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar