Makanan Khas Daerah Aceh Singkil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Aceh Singkil merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Indonesia. Kabupaten ini mempunyai dua otonomi daerah, yaitu daratan dan kepulauan. Ibukota Kabupaten ini berada di kota Singkil.  Kabupaten yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan ini juga memiliki kekayaan biota laut yang cukup beragam.

    Aceh Singkil sendiri juga memiliki beragam Makanan khas nya sendiri, mulai dari Cemilan hingga ke Makanan Berat. Pada umumnya, Makanan khas di Aceh Singkil di Dominasi oleh Makanan Laut, mengingat Kabupaten ini memiliki daerah Kepulauan, yaitu Kepulauan Banyak.

    Langsung saja, berikut beberapa Makanan khas Kabupaten Aceh Singkil.

    1. Lompong Sagu

    Lompong Sagu ialah Kue asli Aceh Singkil. Lompong Sagu memiliki bahan dasar seperti Sagu, Pisang, Gula Merah, dan Garam. Semua Bahan tersebut dicampurkan, lalu dimasukkan kedalam bungkus pisang yang kemudian dibentuk seperti Lemper. Dan Kemudian dipanggang menggunakan Kompor atau juga Tungku. Lompong Sagu ialah termasuk Makanan Cemilan, dan tidak terlalu sulit untuk menemukannya.

    2. Godekh Sagu

    Sama seperti Lompong Sagu, Godekh Sagu juga memiliki bahan dasar berupa sagu. Godekh Sagu merupakan olahan dari Pelintiran sagu yang sebelumnya sudah dijemur dan dikeringkan, dan  dimasak dengan Santan yang sudah dicampurkan Gula dan Garam.

    Godekh Sagu memiliki rasa Manis dan Gurih. Banyak pengunjung yang ketagihan ketika menyicipi Makanan sekaligus Minuman yang satu ini. Apakah anda tertarik.

    3. Lokan Panggang

    Seperti apa yang sudah disinggung tadi, Kab. Aceh Singkil memiliki Laut yang kaya. Salah satu nya ialah Kerang jenis Lokan. Ada banyak sekali Kerang Lokan yang dapat Kamu temukan di Lautan Aceh Singkil.

    Masyarakat Aceh Singkil umumnya menyajikan Kerang Lokan dalam berbagai bentuk hidangan. Salah satunya ialah dipanggang. Pertama-tama, Kerang Lokan dilepas salah satu bagian cangkangnya, lalu diberi bumbu agar menjadi lebih gurih, lalu kemudian langsung dipanggang.

    4. Sate Lokan

    Masih berbicara mengenai Kerang Lokan, Sate Lokan ini merupakan Makanan yang paling banyak digemari Wisatawan yang datang ke Kabupaten Aceh Singkil. Bahkan, banyak turis yang bela-belain buat datang ke Aceh Singkil hanya untuk merasakan kelezatan Sate Lokan yang satu ini.

    Banyak sekali varian kuah dan bumbu dalam menyajikan sate ini, namun yang paling terkenal ialah Sate Lokan denga Kuah Bumbu Kari. Rasanya pun Pedas Manis dan gurih. Kamu pasti takkan menyesal menyicipi Sate ini.

    5. Gedah Sagu

    Dari Kerang Lokan, Kita kembali lagi ke Sagu. Aceh Singkil merupakan daerah dengan penduduk yang sangat menggemari Sagu. Yang satu ini juga merupakan Makanan khas Aceh Singkil, yaitu Gedah Sagu. Gedah Sagu sendiri memiliki bahan utama berupa Sagu, Kelapa, dan Garam.

    Semua bumbu tersebut dicampur lalu didadar atau digoreng di atas Kuali. Meski terlihat sangat sederhana, Makanan ini juga akan membuat lidah Kamu gembira. Gedah Sagu memiliki cita rasa renyah dan Istimewa. Dan juga Gedah Sagu banyak disajikan bersamaan dengan Tuktuk.

    6. Mayang Papan

    Mayang Papan merupakan salah satu cemilan ter-favorit di Aceh Singkil. Mayang Papan memiliki bahan utama berupa Tepung Beras, Durian, Gula, Garam, dan Kapur Sirih. Semua Bahan tersebut digoreng dengan porsi-porsi tertentu.

    Kue Mayang Papan memiliki cita rasa Manis Gurih. Kini telah ada banyak Varian rasa Mayang Papan yang dapat Kamu jumpai di Kabupaten Aceh Singkil, seperti pada gambar diatas.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Daerah Aceh Singkil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar