SIAKAD UM

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Universitas Negeri Malang atau lebih dikenal dengan UM merupakan perguruan tinggi negeri yang  terdapat di Blitas , Jawa Tengah. Universitas ini didirikan pada tanggal 18 Oktober 1954. Tepatnya Universitas Malang terdapat di Jl. Semarang No.05, Sumbersari,  Kec. Lowokwaru, Kota Malang. 

    Sama hal nya dengan universitas lainnya Universitas Malang juga memiliki sistem informasi akademik yang diberi nama SIKAD UM. Sistem informasi akademik atau lebih dikenal dengan SIKAD merupakan sebuah sistem informasi yang saling terintegrasi untuk suatu civitas akademik. Dengan adanya sistem informasi ini dapat memudahkan penyampaian informasi akademik kepada civitas akademik. Sehingga proses akademik berjalan dengan lancar.

    Baikalah kali ini kita akan membahas sekilas tentang SIKAD UM yang di akses oleh seorang mahasiswa sebagai berikut.

    1. Pertama untuk login ke sistem informasi akademik ini silahkan buka situs https://auth.um.ac.id/ maka akan muncul halaman login seperti berikut.

    Setelah tampil halaman login selanjutnya masukkan username dan password dapat dilihat bahwa username pada sistem ini merupakan NIP/NIM/NITK dan kata sandi yang kamu punya.

    1. Setelah berhasil masuk akan tampil halaman utama atau lebih dikenal dengan dashboard.

    Dari tampilan halaman utama dapat dilihat bahwa terdapat beberapa menu yaitu administrasi, akademik, management, dan menu lainnya.

    1. Baiklah kali ini kita akan membahas beberapa menu yang dan di sistem informasi akademik pertama yaitunya menu administrasi menu ini merupakan menu yang dapat digunakan oleh mahasiswa mengenai administrasi. Pada menu ini terdapat dua sub menu dengan fungsi masing.
    • Riwayat keuangan merupakan menu yang berisi informasi tentang keuangan mahasiswa, seperti SPP, dan keuangan lainnya.
    • Selanjutnya menu riwayat registrasi merupakan menu yang berisi informasi tentang registrasi yang sudah dilakukan oleh mahasiswa.
    1. Selanjutnya menu akademik pada merupakan menu yang bisa digunakan untuk urusan yang berkaitan dengan akademik, pada menu akademik ini terdapat beberapa sub menu seperti.
    • Jadwal kuliah merupakan menu yang digunakan untuk melihat jadwal kuliah pada satu semester.
    • Kartu hasil studi merupakan menu yang digunakan  untuk melihat hasil studi pada satu semester.
    • Berikutnya menu daftar studi merupakan menu yang digunakan untuk melihat transkrip nilai selama perkulihan.
    • Rancangan studi merupakan menu yang digunakan untuk mengisi             KRS atau kartu rancangan studi pada menu ini mahasiswa dapat mengisi kartu rancang studi untuk satu semester.
    • Semester antara merupakan menu yang digunakan untuk mengambil semester antara di universitas ini.
    1. Berikutnya menu manajemen, menu manajemen ini berisi catatan aktivitas apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa.
    2. Selanjutnya menu dokumen memiliki sub menu penentuan beban studi merupakan menu yang berisi dokumen-dokumen yang digunakan untuk menentukan besarnya uang kuliah yang akan dibayar oleh mahasiswa.
    3. Terakhir yaitu logout, logout berfungsi untuk keluar dari sistem untuk keluar dari sistem ini silahkan klik garis tiga yang ada di pojok kanan atas disamping nama kemudian pilih logout. Jika berhasil keluar dari sistem maka akan tampil menu login. Logout sangat perlu dilakukan karena apabila menggunakan komputer publik maka orang lain bisa mengakses akun kamu dan melakukan perubahan data apabila tidak kamu keluarkan.

    Itulah pembahasan sekilas tentang sistem informasi akademik Universitas Malang semoga bermanfaat bagi pembaca dan berguna sebagai panduan untuk mahasiswa baru Universitas Malang dalam menggunakan sistem informasi akademik SIKAD UM.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel SIAKAD UM
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar