Makanan Khas Deli Serdang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Deli Serdang merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Utara, dan beribukotakan Lubuk Pakam. Selain Kaya akan Sumber Daya Alam, Deli Serdang juga kaya akan keanekaragaman Budaya, Hampir semua Suku yang terdapat di Nusantara dapat Kamu jumpai di Deli Serdang.  Biarpun begitu, Suku asli Kabupaten Deli Serdang diantaranya ialah Melayu Deli, Melayu Serdang, Simalungun, dan Suku Karo. Dan juga Suku pendatang yang lebih dominan di Deli Serdang, seperti Suku Minang, Jawa, Batak, Banjar, dan lainnya.

    Dikarenakan Suku yang beragam inilah, Deli Serdang memiliki banyak sekali jenis Kuliner. Dan pada dasarnya, Kuliner-kuliner di Deli Serdang ialah Kuliner hasil Akulturasi dari berbagai Suku yang saling berbaur. Disini Kita Akan membahas mengenai Makanan yang Wajib Kamu coba ketika mengunjungi Deli Serdang.

    1. Udang Tauco Deli Serdang

    Udang Tauco kabarnya merupakan Menu Makanan yang paling disukai Wisatawan dan bahkan Orang Deli Serdang sendiri. Udang Tauco Deli Serdang sendiri merupakan sambal khas Deli Serdang dan umumnya dimakan bersamaan dengan Nasi, dan sangat cocok sebagai Menu Pembuka Kamu disana baik itu Makan Siang atau Makan Malam.

    Sama Seperti namanya, Makanan ini memang dimasak  menggunakan Tauco. Lalu dicampurkan dengan Bahan Pelengkap seperti Potongan Kecombrang, Tomat, dan Cabai Hijau sebagai Penambah rasa pedas. Udang Tauco Deli Serdang memiliki rasa Pedas Gurih yang sangat cocok untuk lidah Orang Indonesia dan terutama penyuka Makanan Spicy. Apakah Kamu tertarik?

    2. Nasi Bakar Sombang

    Baru pertama Kali mendengar Kata ‘Nasi Bakar’? Jika iya, Menyicipi Nasi Bakar yang satu ini akan menjadi keunikan tersendiri ketika Kamu berwisata ke Deli Serdang. Nasi Bakar Sombang pada dasarnya merupakan Makanan dari Medan Deli.

    Nasi Bakar Sombang memiliki bahan dasar berupa Nasi yang kemudian diisi dengan Ikan teri kecil lalu dibakar. Nasi Bakar Mogap biasanya disajikan bersamaan dengan Ayam Mogap lalu ditambahkan dengan Cabai Hijau yang akan menambah rasa sedap ketika menyantap Nasi Bakar Mogap satu ini.

    Nasi Bakar Mogap sangat cocok untuk dimakan selagi Panas, rasa sedapnya nasi Bakar ditambahkan dengan Ayam Mogap yang ditambahkan Cabai Hijau akan sangat cocok sebagai Hidangan Makan Siang Kamu selama di Deli Serdang.

    3. Bubur Pedas

    Sama seperti Namanya, Bubur Pedas khas Deli Serdang ini memiliki rasa pedas dan tentunya berbeda dengan Bubur pada kebanyakan. Biasanya Bubur Pedas disajikan bersamaan dengan Bahan tambahan seperti irisan sayuran seperti sayuran Wortel dan Kental, dan sedikit tambahan Tauge sebagai penyedap rasa. Dan juga dengan beberapa irisan udang atau daging Ayam.

    Bubur Pedas dibuat dengan bumbu khas Deli Serdang, sehingga kemungkinan jika Kamu pertama kalinya menyantap Kamu akan merasa sedikit asing dengan rasanya. Namun itu akan membuat Kamu tak berhenti menyuapkannya ke Mulut.

    4. Rujak Uleg Simpang Jodoh       

    Nah sekarang Kita beralih ke Makanan tambahan atau cemilan. Deli Serdang juga terkenal akan Wisata Kuliner Rujaknya. Salah satu Warung Rujak yang paling terkenal yang bahkan sudah dibuka sejak tahun 1951 ialah Rujak Uleg Simpang Jodoh.

    Sama seperti Rujak-rujak pada umumnya, Rujak Uleg Simpang Jodoh merupakan campuran buah-buahan yang dilumeri dengan Kuah rujak. Namun, ada yang membuat Rujak kali ini istimewa, yaitu ialah  Ulekan sambalnya yang dibuat dari Pisang Batu, sehingga Cita rasa Rujak Buah yang satu ini sangat lah berbeda dari Rujak kebanyakan. Kunjungan Kamu ke Deli Serdang tidak akan lengkap tanpa menyicipi Rujak yang satu ini.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Deli Serdang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar