Fakta Unik Suku Dayak

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Suku Dayak yang terdapat di Kalimantan dikenal sangat ramah. Oleh karena ini Kalimantan sangat cocok dijadikan tujuan untuk wisata. Selain itu kalimatan juga punya ekositem yang tidak dapat ditemui ditempat lain.

    Baiklah kali ini kita akan membahas beberapa fakta unik dari suku dayak sebelum kamu berkunjung ke sana lebih baik kamu mengetahui beberapa fakta berikut ini. pastikan sebelum berkunjung kamu tau adat istiadat suku ini jangan sampai salah dan terkesan tidak menghargai mereka.

    1. Cermati eksotisme totem buatan mereka

    Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk melihat totem yang dibuat suku India. Suku Dayak juga memiliki kerajinan totem sendiri. Dengan beraneka ragam rupa. Dijamin kamu akan membuat terkagum-kagum dengan totem yang mereka buat.

    1. Keasrian lingkungan hidup yang tidak ada duanya

    Orang dayak sangat menghargai alam. Sehingga membuat mereka sangat menjaga keasrian lingkungan. Bahkan mereka mempunyai cara yang berbeda untuk dalam berseni sehingga serasi dengan alam.

    1. Gadis dayak adalah permata yang sangat berharga

    Permata yang berkilau merupakan kiasan yang sangat tepat digunakan untuk gadis Dayak. Kecantikan mereka tidak ada tandingannya. Bagi orang dayak, para gadis tidak hanya calon istri mengerjakan pekerjaan rumah. Gadis Dayak merupan permata berharga yang wajib untuk dijaga dengan sebaik-baiknya.

    1. Mereka sangat menghargai leluhur, jadi para pendatang tidak boleh bertindak sembarangan

    Orang Dayak sangat menghargai estetika. Bahkan kuburan orang yang sudah meninggal dihiasi dengan ukiran dengan desain yang menarik, dan unik. Saat meninggal, orang Dayak tidak dimakamkan di dalam tanah, mereka punya desain kuburan seperti peti yang disangga dengan tiang.

    1. Mandau bukan hanya senjata, tapi juga pusat yang sangat berharga bagi mereka

    Mandau bukan hanya sekedar senjata, benda ini adalah simbol kebangsawanan dan keberanian suku Dayak. Mandau dirawat dengan baik sepenuh hati dan tidak digunakan untuk sembarangan. Mandau hanya bisa digunakan ketika kondisi terdesak yang membuat pemiliknya harus membela diri atau berperang.

    1. Jangan menukar pemberian mereka dengan uang

    Masyarakat Dayak menjamu tamu dengan baik. Mereka tidak meminta imbalan maupun upah. Apabila kamu ingin membalas kebaikan mereka jangan pernah memberikan uang berikanlah barang atau kenang-kenangan untuk mereka.

    1. Kunjungilah ketua adat atau panglima

    Orang Dayak sangat menghargai para tamu oleh karena itu kita harus memperkenalkan diri kepada tuan rumah. Kunjungilah ketua adat atau penglima suku yang kamu kunjungi. Setelah itu kamu akan disambut dengan beberapa jamuan seperti makanan, tari-tarian, tuak, dan upacara adat. Jangan pernah menolak sambutan mereka karena itu dapat melukai hati mereka.

    1. Orang dayak tidak pernah menggunakan alas kaki

    Fakta unik berikutnya yaitu orang dayak tidak pernah menggunakan alas kaki kemanapun mereka pergi maupun pergi ke hutan.

    1. Suku dayak juga menghasilkan produk yang unik

    Tidak hanya sangat menghargai para leluhur orang Dayak juga menghasilkan produk yang dapat dijual seperti keranjang bayi yang terbuat dari rotan dan dihias dengan gigi buaya, koin, cakar butung, gigi anjing, dan lainnya. Mereka percaya hiasan ini dapat menjaga bayi dari gangguan iblis.

    Itulah beberapa fakta unik dari suku Dayak. Semoga bisa dijadikan acun sebelum berkunjung ke suku ini. Jadi kapan kamu mau berkunjung ke suku Dayak? Pastikan kamu patuhi hal-hal diatas saat kamu berkunjung kesana ya. Jangan buat kesalah dan menyakiti hati mereka.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fakta Unik Suku Dayak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar