Pembunuh Ayu Safitri Lakukan Reka Ulang, 20 Adegan

Daftar Isi

    PEKANBARU- Masih ingat dengan Ayu Safitri (19) gadis muda asal Indragiri Hilir yang ditemukan tewas tertelungkup dalam kebun  sawit di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir. Kasus ini Rabu, (6/3/2019) dilakukan reka ulang oleh Polsek Rumbai Pesisir.

    Tersangka yang bernama Hendra Syahputra, dalam reka ulang yang dilaksanakan di tempat kejadian perkara di kebun sawit di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru melakoni 20 adegan. Mulai dari menjemput Ayu Safitri di tempat kerja hingga mencekiknya hingga mati.

    Kegiatan rekonstruksi yang turut dihadiri oleh pihak Kejaksaan ini, ramai disaksikan oleh masyarakat setempat yang penasaran.

    Kanit Reskrim Polsek Rumbai Pesisir, Iptu Raja Handayani menjelaskan, adapun jumlah adegan yang diperankan tersangka lebih kurang sekitar 20 adegan.

    Dia memaparkan, rekonstruksi ini bertujuan untuk mencari fakta baru, yang kemungkinan tak disampaikan tersangka saat proses penyidikannya.

    "Mana tahu ada yang tidak disampaikannya, maka bisa diketahui dari rekonstruksi ini. Nanti akan didapati fakta baru atau mungkin keganjalan keterangan yang disampaikan tersangka," sebut Handayani.

    Dia melanjutkan, berdasarkan hasil rekonstruksi, ternyata didapati kesesuaian dengan apa yang disampaikan tersangka.

    "Sejauh ini tersangka kooperatif. Keterangannya tidak melenceng. Tadi juga ditanyakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) bagaimana dia membunuh korban, keterangannya sesuai," sebut Kanit Reskrim.

    Kata Iptu Handayani, tersangka menghabisi nyawa korban, dengan cara memiting leher korban sampai lemas dan akhirnya meregang nyawa.

    Setelah memastikan korban sudah tewas, tersangka pun kabur dengan turut membawa sejumlah barang milik korban.

    Dia menambahkan, saat ini pihaknya tengah melengkapi berkas perkara kasus ini.

    Termasuk hasil rekonstruksi yang sudah digelar, juga akan dimasukkan ke dalam proses pemberkasan.

    "Setelah rekonstruksi ini, akan segera kita lengkapi dan kirimkan ke Jaksa berkas perkaranya. Kemungkinan dalam waktu dekat," tandasnya.

    Untuk diketahui, tim gabungan dari Satreskrim Polresta Pekanbaru dan Unit Reskrim Polsek Rumbai Pesisir, akhirnya berhasil menangkap pelaku pembunuhan terhadap Ayu Safitri, gadis 19 tahun asal Inhil.

    Dimana jasad Ayu pada Rabu (30/1/2019) dini hari lalu, ditemukan di kawasan kebun sawit di Jalan Padat Karya, Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir.

    Dari hasil pemeriksaan autopsi dan olah TKP, kuat dugaan Ayu menjadi korban pembunuhan.

    Penyelidikan yang dilakukan polisi pun menguak siapa pelaku pembunuhan Ayu. Pelakunya ternyata adalah pria 29 tahun bernama Hendra Syahputra.

    "Pelaku kita tangkap di Jalan Lintas Sumatera, Kelurahan Pagar Agung, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan," kata Kapolsek Rumbai Pesisir, Kompol Ardinal Effendi, saat ekspos kasus di Mapolresta Pekanbaru, Senin (18/2/2019) yang lalu.

    Dijelaskan Ardinal, pelaku ketika itu sedang berada di dalam bus. Dia berupaya untuk melarikan diri usai membunuh Ayu Safitri. Petugas pun terpaksa melakukan penghadangan terhadap bus tersebut.

    Sampai akhirnya pelaku pun bisa ditangkap tanpa perlawanan. "Kita turut berkoordinasi dengan Polres Lahat dalam upaya penangkapan terhadap pelaku," beber Ardinal.

    Lanjut Ardinal, pelaku ini berangkat dari Pekanbaru dengan bus, dengan tujuan ke Jakarta. "Saat kita mendapatkan informasi keberadaan pelaku, kita bentuk tim untuk melakukan pengejaran. Akhirnya saat berada di Lahat, pelaku berhasil kita tangkap," ungkap Ardinal.(haz/tpc)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pembunuh Ayu Safitri Lakukan Reka Ulang, 20 Adegan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar