Kenali Tanda Tanda Keguguran Bagi Ibu Hamil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Keguguran bisa di bilang mimpi buruk bagi ibu hamil, karena tidak ada ibu hamil yang ingin  mengalami keguguran dan juga banyak faktor keguguran yang harus di hindari oleh ibu hamil dan harus dikenali tanda-tanda kegugurannya dan harus diwaspadai. Keguguran biasanya gagalnya kehamilan pada ibu hamil sebelum usia kandungan 20 minggu. Keguguran bukan hal yang menyenangkan dan keguguran terjadi kepada ibu yang sebelumnya ia tidak tau dirinya hamil.

    Keguguran biasanya di sebabkan akibat sel telur yang dibuahi tidak bisa berkembang secara alami pada rahim. Pola makan, gaya hidup,  dan infeksi penyakit tertentu juga menyebabkan keguguran. Jika keguguran terjadi, janin yang ada di dalam rahim harus secepatnya dikeluarkan dan jika tidak maka akan berubah menjadi racun dan sangat berbahaya bagi tubuh sang ibu yang nantinya akan menghambat proses kehamilan berikutnya

    Berikut merupakan tanda-tanda keguguran bagi ibu hamil yang harus diwaspadai.

    1. Pendarahan

    Jika ibu hamil mengalami perdarahan pada bagian vagina itu adalah salah satu dari tanda keguguran. Jika ada cairan dari vagina yang berwarna merah terang atau berwarna cokelat maka segeralah untuk menghubungi dokter karena beberapa wanita yang biasanya mengalami perdarahan hebat akan terindikasi mengalami keguguran.

    Bila anda menemui tanda-tanda itu pada minggu 12 pertama kehamilan maka itu merupakan hal yang normal dan bila anda khawatir dan sebelum panik berlebihan maka sebaiknya periksakan ke dokter untuk memastikan kondisi anda.

    1. Sakit pada bagian bawah perut

    Jika anda mengalami sakit yang sangat menusuk pada bagian bawah perut maka bisa jadi ini tanda keguguran, tapi tidak semua sakit perut itu menandai keguguran. Jika anda mengalami rasa yang tidak nyaman pada perut atau perut terasa agak kencang maka itu bisa disebabkan  janin yang sedang tumbuh. Saat itu untuk mengakomodir maka perut akan meregang sebagai pertumbuhan janin pada rahim.

    1. Tidak ada gerakan pada janin

    Biasanya bayi yang aktif akan selalu bergerak dan terasa menendang-nendang pada perut hal itu menandakan bahwa kehamilan berjalan dengan sehat dan lancar. Biasanya gerakan bayi itu akan terasa saat usia kehamilan memasuki minggu ke 15 dan minggu ke 16, jika anda merasakan gerakan bayi sebelum minggu ke 16 maka juga bisa dianggap normal sehingga anda tidak perlu khawatir.

    Ketika memasuki usia kandungan 24 minggu makan tendangan bayi akan meningkat. Dan jika anda tidak merasa tendangan pada bayi maka anda harus segera konsultasi ke dokter kandungan.

    1. Rasa mual dan muntah yang menurun

    Jika anda mengalami tanda-tanda yaitu menurunnya mual dan muntah bisa jadi itu salah satu tanda anda mengalami keguguran karena bila gejala kehamilan berkurang pada awal masa kehamilan makan akan beresiko mengalami keguguran.

    Tetapi ada juga wanita yang tidak mengalami muntah dan mual sama sekali pada saat hamil dan sebaiknya kondisi ini di tanyakan atau dikonsultasikan kepada dokter kandungan untuk memastikannya.

    1. Kram  atau rasa sakit pada bagian pelvis

    Rasanya mirip seperti kram saat mengalami menstruasi dan jika bagi ibu hamil yang mengalami gejala ini sebaiknya memeriksanya ke dokter kandungan dan jika adan flek atau darah yang keluar merupakan salah satu tanda keguguran dan sebaiknya segera bawa ke dokter agar anda bisa mengetahui apa yang terjadi pada kandungan anda.

    Itu adalah tanda-tanda keguguran bagi ibu hamil, dan ibu hamil harus lebih mewaspadai dan lebih mengetahui lagi apa tanda-tandanya dan jika terjadi pada anda maka ada tindakan yang harus anda lakukan lebih cepat dan tanggap agar kandungan anda dalam keadaan selamat dan tidak membahayakan diri anda juga.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kenali Tanda Tanda Keguguran Bagi Ibu Hamil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar