SISFO UPI "YPTK"

Daftar Isi

    LancangKuning.com - UPI (Universitas Putra Indonesia) yang lebih dikenal dengan UPI YPTK Padang merupakan perguruan tinggi swasta yang ada di kota Padang, Sumatra Barat. Tepatnya di Jl. Raya Lubuk Begalung, Lubuk Begalung Nan XX, kecamatan Lubuk Begalung, Padang. Sama halnya dengan kampus lainya Universitas Putra Indonesia juga memiliki Sistem Informasi Akademik atau lebih dikenal dengan portal akademik.

    Baiklah kali ini kita akan membahas tentang portal akademik Universitas Putra Indonesia. Seperti berikut ini:

    1. Pertama untuk mengakses sistem informasi akademik Universitas Putra Indonesia buka alamat http://sisfo.upiyptk.ac.id/ maka akan tampil halaman login. Seperti berikut ini

    Dapat dilihat pada pada halaman login juga terdapat informasi yang berhubungan dengan perkuliahan mahasiswa.

    1. Setelah tampilan login tampil selanjutnya masukkan nomor BP sebagai username dan password yang kamu miliki. Setelah berhasil login maka akan tampil tampilan seperti berikut ini:

    1. Setelah berhasil login dapat dilihat bahwa terdapat beberapa menu yang ada di sistem informasi akademik Universitas Putra Indonesia. Kita akan membahas satu persatu menu yang adan di SIAK UPI ini.

    1. Pertama menu perkulihan pada menu perkulihan ini terdapat beberapa sub menu yaitu kalender akademik, download jadwal ujian, kartu rancangan studi, dan daftar NIDN dosen.

    Apabila mahasiswa memilih menu kalender akademik maka akan ditampilkan kalender akademik. Untuk menu download jadwal ujian digunakan untuk mendownload jadwal ujian. Selain itu menu kartu rancangan studi digunakan mengisi KHS untuk setiap semester. Dan untuk menu NIDP Dosen berisi nama dosen dan NIDP dosen.

    1. Selanjutnya kita akan membahas menu history perkulihan pada menu history perkulihan ini terdapat beberapa sub menu yaitu: kartu hasil studi, index prestasi, dan daftar matakuliah yang sudah di ambil.

    Apabila mahasiswa memilih menu kartu hasil studi maka akan tampil kartu hasil studi mahasiswa tersebut, untuk menu index prestasi komulatif akan menampilkan index prestasi mahasiswa. Apabila memilih menu daftar mata kuliah maka akan ditampilkan daftar matakuliah yang sudah diambil mahasiswa selama perkulihan berlangsung.

    1. Berikutnya menu tugas akhir pada menu tugas akhir ini juga terdapat sub menu berupa pengajuan judul PKL/Skripsi, dapat judul mahasiswa, dan pendaftaran wisuda.

    Untuk menu pengajuan judul digunakan apabila mahasiswa ingin mengajukan judul PKL atau judul Skripsi. Menu daftar judul mahasiswa digunakan untuk melihat daftar judul mahasiswa lain agar tidak terdapat persamaan judul. Menu pendaftaran wisuda digunakan untuk mendaftar wisuda oleh mahasiswa tingkat akhir.

    1. Selanjutnya kita akan membahas menu cetak. Pada menu cetak ini mahasiswa dapat mencetak beberapa hal seperti berikut.

    Untuk menu kartu ujian UTS dapat digunakan untuk mencetak kartu ujian tengah semester, begitu juga dengan menu kartu ujian UAS digunakan untuk mencetak kartu ujian akhir semester, menu kartu ujian SK digunakan untuk mencetak kartu ujian SK mahasiswa.

    1. Menu terakhir yaitu logout menu logout ini berfungsi untuk keluar dari aplikasi , jika klik logout maka akan keluar dari sistem, dan kembali ke halaman login. Jika kamu mengakses sistem informasi akademik di komputer publik jangan lupa untuk logout setelah selesai dari sistem untuk mengamankan data kamu dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Itulah sekilas pembahasan tentang Sistem Informasi Akademik Universitas Putra Indonesia. Semoga bermanfaat bagi mahasiswa baru yang ingin mengakses sistem informasi akademik Universitas Putra Indonesia.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel SISFO UPI "YPTK"
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    50%

    Komentar