Air Terjun di Sumbawa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Indah nya alam di Sumbawa adalah daya tarik yang kuat untuk para wisatawan. Air terjun yang ada di Sumbawa juga memiliki kemampuan memikat tokoh dunia seperti mendiang Lady Diana untuk berkunjung ke air terjun yang ada di Sumbawa.  Berikut ini beberapa air terjun yang patut untuk di kunjungi.

    1. Air Terjun Mata Jitu

    Air mata jitu ini berada di Pulau Moyo yang menjadi daya tarik. Tokoh dunia pun banyak berkunjungi ke tempat ini hanya untuk melihat dan merasakan kesegaran air terjun ini, salah satu nya mendiangPutri Diana yang berkunjung pada tahun 1993. Bentuk air yang bertingkat-tingkat dengan dikelilingi tebing batu kapur yang menjadi daya tarik para wisatawan.

    1. Air Terjun Oi Marai

    Oi Marai yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Tambora yang masih rimbun dengan pepohonan. Air terjun ini memiliki ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, air terjun berada tepat di kaki Utara Gunung Tambora yang memiliki udara yang sejuk.

    1. Air Terjun Ai Mual

    Air terjun ini yang berbentuk undak yang memiliki tingkatan dengan posisi yang tidak terlalu tinggi. Banyak yang berbicara jika Ai Muai ini mirip dengan air terjun mata jitu yangdiSumbawa Barat. Daya tarikdari air terjun ini adalah alam nya yang masih alami dan air yang masih biru dan segar jika mandi di sana.

    1. Air Terjun Ai Beling

    Air terjun ini adalah air terjun yang memiliki banyak tingkatan, dari tingkatan bawah kamu bisa merasakan bagaimana kesejukan airnya. Warna batu yang kecokelatan membuat struktur permukaan ini lebih unik di tambah lagi dengan hijau nya warna lumut. Dengan keunikan ini lah para wisatawan banyak berkunjung kesini untuk menikmati sejuk nya air dan keindahan alam di sekitarnya.

    1. Air Terjun Agal

    Tidak hanya air terjun beling saja yang indah tapi air terjun Agal juga menarik untuk dikunjungi, air terjun ini berjarak 70 kilometer dari wilayah kecamatan alas di kota sumbawa besar. Letak air terjun ini memang di tengah hutan, tapi air terjun ini sangat menarik dan menakjubkan, putih dan jernih, udara yang segar, pepohonan yang hijau bisa dinikmati disini.

    Tujuh tingkat pertama yang ada nya air terjun yang lebih kecil dan tingkatan terakhir yang lebih tinggi yang di mulai dari ketinggian tiga hingga sepuluh meter. Waktu tempuh ke sekitar lima belas menit untuk menuju ke air terjun, jika anda berkunjung ke air terjun ini maka pengalaman anda kesini tidak akan terlupakan.

    1. Air Terjun Jereweh

    Walau pun tempat dibilang memiliki kekayaan tempat wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi. Tapi kekayaan tersebut tidak bisa digunakan untuk kegunaan sumber ekonomi yang bisa meningkatkan taraf  hidup masyarakat. Salah satu kelebihan disini adalah tempat air terjun Jereweh yang menjadi potensi masyarakat tersebut.

    Air terjun ini memang unik karena air terjun yang jatuh dari  tebing batu yang dipenuhi dengan akar daun pohon yang rindang ke bawah. Dan dibawah air terjun juga terdapat untuk berang dan menikmati warna yang hijau toska. Berjarak 20 km dari kota untuk menuju kesini cukup baik  dengan menyusuri jalan tanah yang berbatuan sekitar 2 km.

    1. Air Terjun Coban Tundo

    Coban Tundo yang menjadi daya tarik sendiri memiliki keindahan yang menarik. Tempat ini memang belum terkenal karena air terjun ini tidak terlalu ekspor dan para wisatawan pun jarang yang datang kesini. Tempat sangat cocok bagi mereka yang ingin menantang ekstrim nya.  Air terjun ini memiliki kedalam 2 meter yang warna airnya berwarna biru muda.(Ipit)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Air Terjun di Sumbawa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar