Kebiasaan Sepele Namun Membuat Baterai Hp Cepat Rusak

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Teknologi yang berkembang kian pesat memudahkan dalam berkomunikasi, sehingga setiap orang dapat terhubung meski dengan jarak yang sangat jauh. Salah satunya, hadirnya ponsel atau smartphone yang dilengkapi dengan beragam fitur untuk memudahkan dalam berkomunikasi.

    Kekinian, ponsel tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Ponsel juga dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan lainnya, bahkan untuk sekedar menghibur diri seseorang akan menggunakan ponselnya.

    Namun, seringkali penggunaan ponsel yang tanpa henti dan ceroboh menyebabkan kerusakan pada baterai bahkan sekaligus ponselnya. Berikut Garuda Cyber telah merangkum kebiasaan-kebiasaan sepele, namun justru bisa membuat baterai hp cepat rusak:

    1. Charge Baterai Full

    Kebanyakan orang menilai mengisi baterai Hp hingga penuh 100% itu sudah benar. Namun, anggapan ini ternyata keliru dan sangat salah. Pengisian baterai hp hingga full agar awet justru salah.

    Menurut para ahli, men-charge hp lebih baik hanya sampai 80%. Sebab, pengisian baterai hp hingga full 100%  yang bertujuan agar baterai bertahan lama justru akan memberikan daya berlebihan saat hp digunakan. Sehingga, baterai hp akan mudah mengalami kerusakan.

    1. Charge Hp dengan Pelindung Terpasang

    Menggunakan pelindung Hp agar tidak lecet memang baik, tapi ternyata memberikan dampak yang buruk jika tidak dilepas ketika pengisian baterai hp. Pengisian baterai hp dengan pelindung yang masih terpasang akan menyebabkan baterai hp rusak. Sebab, saat pengisian daya, hp berikut baterainya akan menjadi panas. Selain itu, pelindung hp yang tidak dilepas ketika pengisian baterai akan menyebabkan suhu panas yang berasal dari sisi bawah hp tertahan. Jadi, sebaiknya lepas dahulu pelindung hp kamu ketika akan men-charge.

    1. Hp Mati Kehabisan Baterai

    Seringkali penggunaan hp tidak memperhatikan baterainya. Bahkan, terkadang kita tidak peduli dengan baterai hp yang sebenarnya tidak baik untuk digunakan lagi dan harus di charge secepatnya.

    Penggunaan hp hingga mati kehabisan baterai akan merusak hp. Sebab, ketika hp mati karena baterai yang habis akan membuat ion lithium pada baterai mudah menguap hingga menyebabkan kerusakan.

    Sebaiknya, jangan biarkan hp kamu kehabisan baterai hingga 0 persen dan mati. Isi daya baterai kamu ketika sudah mencapai 30 persen. Biasanya, hp akan memberi peringatan baterai lemah ketika hp harus di charge dan tidak boleh lagi digunakan.

    1. Penggunaan Power Bank yang Terlalu Sering

    Ketika baterai hp melemah, tapi kamu tidak berada di tempat yang memungkinkan untuk men-charge hp, power bank menjadi solusi yang tepat untuk menghindari hp kehabisan baterai.

    Namun tahukah kamu? Penggunaan power bank yang terlalu sering akan merusak baterai hp kamu. Hal ini dikarenakan, adanya perbedaan tegangan yang dihasilkan power bank dari charger yang biasa kamu gunakan.

    Power bank memang sangat membantu ketika kamu kehabisan baterai hp, tapi penggunaan yang terlalu sering tidak baik untuk ponsel kamu. Tidak hanya merusak baterai hp, kerusakan akibat penggunaan power bank yang terlalu sering juga berdampak pada SIM Card kamu.

    Jadi, sebaiknya hindari penggunaan power bank. Ketika kamu berada di tempat yang memungkinkan untuk men-charge, tidak ada salahnya mengisi daya hp kamu seperti biasa menggunakan charge.

    Selain power bank, tidak ada salahnya untuk membawa charge ketika kamu ingin berpergian. Sehingga, ketika kondisi memungkinkan kamu tidak perlu menggunakan power bank untuk mengisi baterai hp kamu.

    1. Penggunaan Hp Saat Nge-Charge

    Seringkali kita menggunakan hp ketika pengisian daya baterai. Kebiasaan ini memang tampak sepele, tapi sangat berbahaya untuk hp dan diri sendiri. Penggunaan hp ketika pengisian baterai bisa merusak baterai hp kamu. Sebab, ketika hp dengan charge yang masih terhubung dan mengisi daya baterai akan membuat suhu meningkat. Suhu panas ini memicu kerusakan pada komponen ponsel, termasuk baterai.

    Selain itu, penggunaan hp saat nge-charge juga membahayakan keselamatan kamu. Jadi sebaiknya, biarkan baterai hp kamu terisi hingga batas normal agar dapat kamu gunakan. Dengan begitu, hp dan baterainya awet dan kamu dapat terhindari dari sengatan listrik.

    Demikian beberapa kebiasaan-kebiasaan sepele yang justru merusak baterai dan hp. Nah, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut agar baterai kamu awet dan hp kamu bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kebiasaan Sepele Namun Membuat Baterai Hp Cepat Rusak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar