SIAT UNPAD

Daftar Isi

    LanangKuning.com - SIAT merupakan singkatan dari Sistem Informasi Akademik Terpadu. Dalam perkembangan teknologi saat ini, tentunya akan lebih mudah mengelola data-data yang ada pada suatu lembaga menggunakan sistem informasi, terutama pada lembaga pendidikan. Untuk memudahkan dalam setiap aktivitas dan operasionalnya, dibutuhkan suatu sistem yang dapat menunjang dalam hal pengolahan data.

    Pada Universitas Padjadjaran (Unpad), sebelum adanya penerapan SIAT, dilakukan dulu sosialisasi mengenai sistem ini kepada para pimpinan Unpad di gedung Fikom, tepatnya di ruangan Oemi Abdurrachman pada tanggal 23 Desember 2015 lalu. Untuk bisa menggunakan SIAT Unpad, kita harus mengakses laman https://siat.unpad.ac.id terlebih dahulu.

    Halaman ini berisi username dan password yang harus diinputkan agar bisa login ke halaman selanjutnya. Biasanya halaman ini digunakan bagi calon mahasiswa yang akan berkuliah di Unpad. Ketika calon mahasiswa tersebut dinyatakan lulu, maka dia harus mengisi biodata di portal mahasiswa, dan selanjutnya melakukan pembayaran uang kuliah, yang berkas tagihannya dapat diunduh di SIAT tersebut. Cara-cara pembayaran uang kuliah juga dapat kita ketahui di sana . Jika telah melakukan pembayaran, maka saatnya calon mahasiswa mengunduh berkas-berkas yang diperlukan untuk nantinya harus dibawa saat akan melakukan registrasi pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan.

    Saat melakukan registrasi, mahasiswa akan mendapatkan PausId, atau Padjadjaran Authentication System Identity. PausId ini berupa user account dan password untuk dapat mendapatkan layanan SIAT Unpad lainnya, seperti mengakses laman https://students.unpad.ac.id, akses internet, email unpad, dan lain sebagainya.

    Jika telah memiliki PausId, maka kita bisa mendapatkan layanan akademik Unpad dengan mudah dalam hal kegiatan akademik, pendaftaran kegiatan, dan status registrasi.

    Pada laman students.unpad.ac.id, pada bagian Akademik, mahasiswa dapat melihat Transkrip Nilai mereka, mulai dari semester pertama kuliah, sampai saat ini. Di sana mahasiswa juga dapat melihat Indeks Prestasi Kumulatif atau IPKnya. Adapun pada bagian Kartu Kemajuan Studi, mahasiswa dapat melihat Indeks Prestasi atau IP mereka pada tiap semester.

    Pada bagian Kartu Rencana Studi, mahasiswa dapat memilih mata kuliah apa yang akan mereka ambil pada semester berikutnya. Biasanya KRS hanya dibuka pada jadwal yang telah ditentukan, yaitu sebelum masa perkuliahan dimulai. Jika ada mahasiswa yang tidak melaksanakan KRS pada waktu yang telah ditentukan, maka ia harus melakukan Perubahan KRS pada waktu yang telah ditentukan pula.

    Pada bagian Kurikulum, mahasiswa dapat mengetahui mata kuliah apa yang tersedia, kapan mata kuliah itu dapat diambil, dan berapa jumlah SKSnya. Adapun pada bagian Konsultasi, terdapat fitur yang bisa digunakan untuk berkonsultasi dengan dosen. Pada bagian Jadwal & Absensi Kuliah, terdapat jadwal mata kuliah mahasiswa yang telah diambilnya pada masa KRS berlangsung. Di sana dapat dilihat waktu perkuliahan, nama mata kuliah, banyak SKS, kelas, dan ruangan kuliah.

    Pada bagian Jadwal UAS, biasanya baru muncul ketika masa-masa UAS sedang berlangsung. Ada pula bagian Pengajuan Judul & Sidang dan Catatan Bimbingan yang dikhususkan untuk mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi.

    Selain di bidang Akademik, pada Paus Unpad mahasiswa juga dapat melakukan pendaftaran berbagai kegiatan, seperti beasiswa, pelatihan, seminar, dan lain-lain.

    Terdapat pula bagian Status Registrasi, yang memberitahu mahasiswa apakah mereka sudah membayar uang kuliah pada semester tertentu atau belum. Paus Unpad juga memiliki fitur early warning, yang mana akan memberi peringatan pada mahasiswa jika batas kegiatan atau acara tertentu sudah dekat.(Fira)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel SIAT UNPAD
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar