Tempat Wisata di Kabupaten Dompu

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jika kamu berkunjung ke provinsi Nusa Tenggara Barat kamu tidak hanya bisa mengunjungi Lombok.  Kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata yang ada di  Kabupaten Dompu yang terletak di tengah Pulau Sumbawa. Kabupaten Dompu ini diapit kabupaten Sumbawa dan kabupaten Bima. Banyak tepat wisata yang ada di kabupaten ini yang bisa kamu nikmati jika berkunjung ke kabupaten ini. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Dompu.

    1. Pantai Lakey

    Kabupaten Dompu memiliki tempat yang sangat cocok untuk surfing tempat ini merupakan surganya para peselancar. Pantai ini terletak di kecamatan Hu’u sehingga warga setempat memberi nama pantai ini Pantai Hu’u. Pantai Lakey merupakan pantai yang sangat populer dan menjadi tempat andalan wisata kabupaten Dompu. Pantai ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai.

    Pantai ini banyak dikunjungi oleh para surfer bule. Ombak di pantai Lakey cukup besar dan stabil sehingga sangat cocok untuk berselancar. Setiap tahun di pantai ini diadakan kompetisi berselancar internasional. Untuk semua akomodasi penginapan dan makan tidak perlu kamu ragukan di pantai ini semua akomodasi sudah tersedia.

    1. Pulau Satonda

    Pulau Satonda merupakan pulau yang menyimpan banyak keajaiban. Di tengah pulai ini terdapat danau dengan kawah yang cukup besar. Air danau ini asin seperti air laut padahal laut berada cukup jauh dari danau. Dari cerita warga setempat dulu air danau ini tawar setelah Gunung Tambora meletus, yang menyebabkan tsunami besar membuat air laut tumpah ke danau yang ada di pulau Satonda. Selain itu di pulai ini terdapat pohon yang berbuah batu. Pohon unik ini diberi nama Pohon Harapan, untuk batu-batu yang menggantung di pohon merupakan simbol dari harapan orang-orang yang menggantungnya. Setelah harapan terkabul orang yang menggantung batu akan mengambil batu itu kembali.

    1. Gunung Tambora

    Gunung Tambora merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi di Dompu, ketinggian puncak gunung ini adalah 2.851 mdpl. Gunung ini sudah terkenal ke manca negara karena erupsi yang sangat dasar pada tahun 1815 yang mengakibatkan perubahan iklim global. Kawan di sekitar gunung dijadikan sebagai taman nasional. Untuk mendaki gunung ini ada dua rutependakian yang bisa di tempat, pertama dari desa Pancasila, dan kedua lewat jalur Doro Ncanga yang melewati hamparan Padang Savana seperti yang ada di Afrika.

    1. Padang Savana Doro Ncanga

    Padang Savana Doro Ncanga sangat terkenal dan menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Dompu. Padang savan ini memiliki ukur yang cukup luas yang terletak di desa Calabai, kecamatan Pekat , tepatnya di kaki Gunung Tambora. Untuk melintasi Padang Savana ini dibutuhkan waktu sekitar 30 menit jika menggunakan kendaraan. Di selatan savana terdapat Teluk Saleh dan di bagi utar terdapat Gunung Tambora.

    1. Bukit Mantompo

    Bukit ini memiliki tinggi 100 meter bukit ini menghadap ke laut lepas. Bukit ini terletak di Desa Mbuju, kecamatan Kilo. Pemandangan indah yang bisa kamu nikmati berupa Padang rumput yang hijau, sayur-sayur yang ada di puncak Gunung Tambora, dan hamparan laut yang biru dari ketinggian. Bukit ini juga cocok untuk dikunjungi pada sore hari kerena pemadangan langit jingga matahari terbenam bisa kamu nikmati dengan sempurna dari bukit ini.

    Itulah beberapa pilihan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di kabupaten Dompu. Semoga bermamfaat.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Wisata di Kabupaten Dompu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar