Tips Sederhana Tingkatkan Kualitas Istirahat Kamu

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sibuknya aktivitas atau pekerjaan yang kamu miliki terkadang membuat orang kekurangan waktu istirahat, sehingga dapat pula menyebabkan stres. Tidak jarang juga ada orang yang suka begadang dan menyia-nyiakan waktu istirahatnya hanya untuk hal-hal yang kurang berfaedah. Padahal sebagian dari mereka sadar akan pentingnya waktu untuk mengistirahatkan tubuhnya agar terhindar dari dampak buruk yang akan terjadi, seperti stres, rasa resah, dan penyakit lainnya.

    Salah satu cara untuk menghindari perasaan resah dan stres yang berlangsung lama adalah tentunya dengan cara meningkatkan kualitas istirahat. Dengan waktu istrirahat yang berkualitas, maka tenaga, kebugaran fisik, dan daya tahan tubuh akan selalu siap menghadapi berbagai tekanan ataupun tantangan dalam kegiatan rutinitas kita setiap hari. Selain itu, kualitas istirahat yang baik juga dapat mempengaruhi kehidupan seksual, mood, pertumbuhan badan, sistem kekebalan tubuh, serat tajamnya ingatan menjadi lebih baik.  Berikut kami sajikan beberapa tips sederhana untuk meningkatkan kualitas istirahat kamu.

    1. Lepaskan diri dari gangguan luar

    Lepaskan atau jauhkan dirimu dari kebisingan lingkungan sekitar, seperti keramaian kota, dering ponsel, ataupun suara alat elektronik lainnya. Adanya dering ponsel, akan memicu otak kamu untuk segera membuka ponsel tersebut, dan mencari tahu apa yang sedang terjadi. Hal ini akan memicu otak untuk bekerja, dan perasaan tenang akan berkurang.

    1. Menghindar dari ketegangan

    Jika kamu sedang berada dalam tekanan suatu pekerjaan, ada baiknya untuk bersantai sejenak, agar terhindar dari stres berkepanjangan. Bersantai dapat kamu lakukan dengan cara berjalan-jalan sebentar, menikmati pemandangan hijau, atau bisa juga mengobrol dengan teman. Jika kamu masih merasakan ketegangan, padahal telah mencoba berbagai cara, mungkin kamu perlu lebih mendekatkan diri lagi pada Tuhan.

    1. Istirahat tidur

    Posisi tubuh saat kamu tidur dapat mempengaruhi kualitas istirahat kamu. Hindari posisi tidur yang dapat membuat ototmu tegang dan pernapasan kamu terganggu. Ketika akan tidur, jauhi minuman yang terdapat kafein dalam kandungannya, dan jaga agar waktu tidurmu selalu teratur. Minuman berkafein dapat membuat kondisi kesegaran tubuhmu kembali aktif. Adapun posisi tidur yang ideal adalah dengan meletakkan rusuk kanan di bagian bawah, atau dengan kata lain posisi tidur miring ke kanan.

    Tidur dengan posisi miring ke kanan dapat mengurangi beban kerja jantung. Letak jantung yang condong ke kiri, akan membuatnya tidak terlalu tertekan jika kamu memasang posisi tubuh miring ke kanan. Selain itu, aliran darah akan lebih fokus pada bagian tubuh sebelah kanan, dan mengakibatkan aliran darah melambat. Tekanan darah dan denyut jantungpun akan berkurang, dan tidur-pun akan menjadi lebih rileks.

    1. Istirahat kerja

    Ketika hari libur tiba, saatnya melepaskan penat dari segala aktivitas kerja. Hari libur tersebut harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Lepaskan sejenak beban pikiran dan tugas-tugas di saat hari libur. Luangkan waktu bersama keluarga, dan istirahatkan dirimu. Hindari membuka ponsel, agar waktu libur terasa lebih rileks. Hal ini akan membantu untuk menyiapkan energimu pada hari kerja berikutnya.

    1. Istirahat secara berkala

    Ketika mempunyai waktu luang di sela-sela waktu kerja, maka istirahatkan dirimu sejenak. Jangan memaksakan diri berpikir keras duduk di meja kerja. Terkadang beristirahat sejenak, membuatmu mendapat inspirasi baru, dan meningkatkan produktivitasmu setelah beristirahat. Buatlah suasana kerjamu menjadi nyaman.

    1. Hindari rokok dan alkohol

    Jika kamu merokok, maka dapat mengganggu waktu tidurmu dengan adanya gangguan pernapasan. Selain itu, walaupun alkohol terkadang dapat membantu untuk tidur lebih cepat, namun alkohol bisa menyebabkan gangguan tidur pula.

    1. Perhatikan makananmu

    Nyenyaknya tidur dapat juga dipengaruhi oleh makanan yang kamu konsumsi. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, maka kamu dapat mengonsumsi makanan yang terkandung zat melantonin di dalamnya. Melantonin ini merupakan hormon yang akan mempengaruhi siklus tidur kamu. Melantonin dapat kamu temukan pada makanan seperti gandum, stroberi, ceri, oat, ikan, anggur, dan lain sebagainya.(Syafira)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Sederhana Tingkatkan Kualitas Istirahat Kamu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar