Cara Pencegahan Kanker Serviks

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kanker serviks adalah penyakit yang sudah seharusnya diwaspadai oleh para wanita. Kanker ini sudah menimbulkan banyak korban. Menurut laman Kumparan, sebanyak dua puluh orang wanita meninggal dunia akibat kanker serviks yang menyerang empat puluh orang. Dengan banyaknya kasus meninggal dunia akibat kanker serviks, para wanita tentunya akan merasa khawatir jika kanker tersebut terjadi pada dirinya.

    Sedikit penjelasan mengenai kanker serviks, kanker ini merupakan pertumbuhan sel-sel kanker yang terjadi secara berlebihan dan tidak terkendali di area leher rahim. Human Papiloma Virus atau dapat disingkat HPV, merupakan salah satu penyebab dari terjadinya kanker serviks. Virus ini dapat menular melalui hubungan seksual. Walaupun terdapat virus HPV dalam tubuh seorang wanita, namun hal itu belum tentu akan memicu kanker serviks. Peluang terjadinya kanker serviks pada wanita yang terdapat virus HPV di tubuhnya akan lebih besar jika mereka tidak menjaga pola hidupnya dengan baik.

    Karena sering kali tidak memiliki gejala pada stadium awalnya, kanker serviks ini biasanya baru diketahui keberadaannya ketika seseorang telah mengidapnya pada stadium lanjut. Padahal, jika keberadaan kanker ini dapat diketahui dari jauh-jauh hari, maka kemungkinan untuk menyembuhkannya juga akan lebih besar.

    Untuk mengatasi kekhawatiran para wanita akan kanker serviks, maka kami punya tips-tips yang bisa membantu untuk mencegah terjadinya kanker serviks pada seorang wanita. Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan.

    1. Rutin memeriksa pap smear

    Pap smear adalah suatu metode screening yang dilakukan untuk memeriksa keberadaan jaringan sel kanker pada serviks. Dengan memeriksa pap smear secara rutin, maka keberadaan sel kanker akan lebih cepat diketahui, sehingga pencegahannya dapat dilakukan lebih cepat juga.

    Menurut ACOG, pemeriksaan pap smear yang pertama kali bagi wanita sebaiknya dilakukan ketika berumur 21 tahun. Namun, jika kamu telah melewati umur 21 tahun dan belum melakukan pemeriksaan, tidak ada salahnya untuk memeriksanya sekarang.

    Jika kamu berada pada rentang usia 21 sampai 30 tahun, pemeriksaan pap smear sebaiknya dilakukan rutin sekali dalam 3 tahun. Adapun jika usiamu di atas 30 tahun, kamu sebaiknya melakukan pemeriksaan pap smear beserta tes HPV sekali dalam 5 tahun. Semakin cepat dilakukan pemeriksaan pap smear, maka semakin cepat pula dapat dilakukan pencegahan terhadap kanker serviks. Sebelum pemeriksaan, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter dulu.

    1. Dapatkan vaksinasi HPV

    Selain melakukan pemeriksaan pap smear, vaksinasi HPV juga dapat menjadi cara yang cukup ampuh untuk melakukan pencegahan terhadap kanker serviks. Baik laki-laki ataupun perempuan yang telah memasuki rentang usia antara 9 – 26 tahun sebaiknya mulai melakukan vaksinasi HPV.

    1. Hindari merokok

    Tidak merokok merupakan cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker serviks. Seperti yang kita tahu, dalam rokok terdapat berbagai zat yang oksidatif. Zat-zat yang terkandung dalam rokok tersebut dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

    1. Lakukan seks yang aman

    Virus HPV merupakan penyebab terbesar dari terjadinya kanker serviks. Virus ini dapat menular akibat dari tidak amannya hubungan seksual yang dilakukan. Seringnya berganti pasangan seksual dapat menambah peluang menularnya virus ini. Walaupun kamu hanya memiliki 1 pasangan seksual, namun jika pasanganmu tersebut sering berganti pasangan seksual, bukan tidak mungkin resiko tertular virus ini menjadi lebih besar.

    1. Menjaga kebersihan vagina

    Selain berbagai cara yang sudah dijelaskan tadi, menjaga kebersihan vagina juga menjadi hal utama yang harus diperhatikan, terutama pada masa-masa haid. Menggunakan povidone iodine yang terdapat dalam antiseptik kewanitaan juga bisa dilakukan dalam menjaga vagina kamu agar tetap bersih.(Syafira)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Pencegahan Kanker Serviks
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar