Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena banyak mengkonsumsi gula. Diabetes merupakan penyakit yang banyak di derita bagi yang suka mengkonsumsi gula secara berlebihan khususnya di Indonesia. Diabetes dapat terjangkit oleh beberapa faktor antara lain :

    1. Faktor Usia

    Faktor usia dapat memungkinkan seseorang terjangkit penyakit diabetes. Usia yang rentan terhadap penyakit diabetes ini adalah usia 4 sampai 7 tahun. Tetapi bukan hanya sekedar anak-anak saja tetapi orang dewasa juga memungkinkan terjangkit penyakit diabetes ini.

    1. Faktor Keluarga

    Faktor Keluarga merupakan faktor yang lebih besar terjangkit oleh penyakit diabetes ini, karena seorang anak akan memiliki bakat atau keturunan penyakit saat di kandungan ibunya.

    1. Faktor Geografi

    Faktor Geografi juga dapat menimbulkan penyakit diabetes ini, karena pola makan penduduk yang  sehat di suatu wilayah sangat kurang dan lebih mengkonsumsi gula secara berlebihan.

    Jika anda ingin mengetahui apakah anda telah menderita penyakit diabetes supaya melihat gejala-gejala yang akan timbul.

    Gejala-gejala penyakit Diabetes antara lain.

    1. Cepat Haus dan Cepat Lapar

    Ketika anda beberapa saat yang lalu sudah makan dan sudah minum tiba-tiba anda haus dan lapar kembali, hal ini merupakan gejala-gejala dari penyakit diabetes.

    1. Berat Badan Menurun

    Jika berat badan anda sebelumnya naik maka setelah anda timbang seminggu sesudahnya dan turun secara drastis, liat terlebih dahulu apakah anda sering mengkonsumsi gula, jika iya maka ini merupakan gejala-gejala dari penyakit diabetes dan wajib mengurangi mengkonsumsi gula

    1. Luka yang sudah lama sembuh

    Luka yang lama sembuh juga merupakan gejala-gejala dari penyakit diabetes ini. Hal ini dapat dilihat jika anda mengalami luka dan setelah lama baru sembuh maka anda harus mengurangi mengkonsumsi gula dan konsultasi ke dokter supaya diberikan obat untuk mengatasinya.

    1. Lebih sering membuang air kecil

    Buang air kecil memang wajib di buang karena jika di tahan maka akan menimbulkan penyakit, tetapi jika anda sering buang air kecil dalam jangka waktu yang singkat tetapi anda tidak minum air putih hal ini juga merupakan gejalanya.

    1. Mudah terinfeksi

    Mudah terinfeksi merupakan faktor yang lebih cepat kita ketahui, faktor ini dapat dirasakan oleh setiap orang, jika anda sebelumnya tidak pernah terinfeksi dan sekarang sering terinfeksi, hal ini merupakan gejala dari penyakit diabetes.

    Setelah anda mengetahui apakah anda telah terjangkit atau belum sebaiknya anda mengurangi mengkonsumsi gula. Tetapi jika anda tidak mengalami gejala-gejala tersebut dan masih terjangkit penyakit diabetes ini dikarenakan oleh faktor yang sudah dijelaskan di atas.

    Dan jika anda terjangkit oleh penyakit diabetes ini maka anda harus memerhatikan pantangan makanan yang tidak boleh di konsumsi bagi penderita  diabetes antara lain :

    1. Minuman yang berkemasan

    Minuman berkemasan ini dapat menimbulkan penyakit diabetes ini kecuali air putih kemasan. Minuman kemasan yang di maksudkan adalah minuman yang bersoda maupun jus. Karena kebanyakan minuman yang bersoda dan jus telah mengandung gula lebih kurang 38 gram. Jika anda ingin mengkonsumsi minuman kemasan ini boleh saja asalkan jangan terlalu berlebihan dan sebelumnya liat terlebih dahulu kadar gula yang terdapat di dalamnya.

    1. Kentang Goreng

    Kentang Goreng merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang Tinggi dan dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula darah. Makanan ini merupakan makanan yang tidak disukai oleh penderita diabetes karena kandungan kadar gula darah yang terdapat di dalam kentang tersebut.

    1. Kopi dan teh

    Kopi dan teh merupakan minuman yang banyak mengandung gula. Jika anda pencinta kopi dan terjangkit diabetes maka anda boleh saja minum kopi tetapi tidak memasukan gula atau kopi pahit. Dan jika anda ingin minum teh tetapi takut terjangkit diabetes maka anda harus mengurangi gula di dalam teh tersebut.

    1. Buah Kering

    Buah kering juga merupakan pantangan bagi penderita penyakit diabetes. Buah juga sebagian mengandung kadar gula yang tinggi. Maka dari itu makan buah yang tidak terlalu manis supaya dapat mengurangi penyakit diabetes.

    1. Roti dan Nasi

    Roti dan nasi merupakan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Hal ini juga menjadi pantangan bagi penderita diabetes karena karbohidrat yang tinggi tersebut akan menjadi gula darah.

    Jadi jika anda terjangkit penyakit diabetes ini maka anda harus cepat berkonsultasi dengan dokter dan mengurangi pemakaian gula yang berlebihan supaya tubuh tidak terjangkit penyakit diabetes dan hidup akan lebih sehat.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar