Makanan Khas Kabupaten Bulukumba

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabupaten Bulukumba terkenal dengan tempat wisata nya yang indah dan menakjubkan serta banyak para pengunjung ingin datang ke tempat Kabupaten Bulukumba ini,

    Menikmati tempat wisatanya yang indah dan menakjubkan terasa ada yang masih kurang lengkap rasanya kalau kita tidak mencicipi makanan khas dari Kabupaten Bulukumba.

    Makanan Khas kabupaten Bulukumba tak kalah enak dan menarik dari makanan khas berbagai daerah lainnya.

    Berikut beberapa makanan khas dari Kabupaten Bulukumba yang tak bisa di anggap remeh rasa dan ke enakannya,

    1. Kue Bolu Peca

    Kue Bolu peca merupakan makanan khas dari kabupaten Bulukumba, kue bolu pada umumnya sangat sering kita temui di Indonesia, dari berbagai macam rasa dan bentuknya mulai dari bolu keju, bolu pisang, boleh cokelat, bolu caramel, bolu ketan hitam dan masih banyak lagi.

    Kue Bolu peca  khas Kabupaten Bulukumba ini berbentuk seperti kue bolu  yang biasa sering kita temui di toko kue, tapi kue bolu peca khas kabupaten Bulukumba memiliki tampilan yang berbeda dan cara pembuatan nya juga berbeda, karena kue Bolu Peca memakai ketan hitam di dalam kue tersebut

    Kenapa kue Bolu ini disebut Bolu Peca karena bolu khas dari kabupaten Bulukumba ini memiliki rasa yang renyah serta direndam dalam cairan gula merah sehingga membuat rasa dari Kue Bolu peca ini sangat renyah dan gurih.

    Cara membuat kue Bolu peca ini pun gak terlalu susah kita hanya memasak gula dengan air sampai gulai itu encer, setelah itu kita masukkan telur agak 3 butir serta masukkan soda kue dan di kocok sampai adonan mengembang, setelah adonan mengembang lansung masukkan ke pencetakan segi empat, setelah masuk ke pencetak kita kukus hingga matang, dan setelah matang iris kue bolu tersebut sesuai keinginan kita, kemudian baru deh di rendam dalam cairan gula merah, dan Kue bolu siap di hidangkan.

    1. Coto Kuda.

    Coto kuda merupakan salah satu makanan yang khas di Bulukumba rasanya yang gurih dan enak membuat orang yang memakannya pengen nambah lagi, makanan ini terdiri dari jeroan daging kuda gurih yang di buat dengan cara dimasak dengan sepenuh hati. Makanan Coto kuda sangat banyak kita temui kalau kita pergi ke Kabupaten Bulukumba dari pada Coto Makassar. Makanan ini memiliki tektur daging kuda yang lebih keras dari pada daging sapi, tapi walaupun daging Coto kuda lebih keras dari pada daging sapi , percaya atau tidak  Coto kuda lebih nendang dari pada Coto Makassar.

    1. Barobo

    Barobo adalah bubur yang dibuat dari bahan jagung jagung pilihan, sangat berbeda dengan bubur yang biasa kita temui, bubur yang biasa kita temui biasanya berbahan nasi kan?

    Barobo ini makanan yang banyak di konsumsi orang Bulukumba dan makanan ini sangat khas disana. Selain itu Barobo juga banyak kita temui di Kabupaten Bulukumba kita bisa temui makanan ini di bagian jejeran orang berjualan di Pusat kabupaten Bulukumba, harga dari barobo ini sangat terjangkau dan sangat bersahabat dengan saku kita harga dari 1 porsi yaitu 13.000RP sampai 20.000 RP saja  dan itupun terserah kita untuk memilih lauknya serta makanan tambahan lainnya.

    1. Kue Uhu-uhu

    Makanan yang juga termasuk makanan khas dari Kabupaten Bulukumba yaitu Kue Uhu-uhu, Kue uhu-uhu merupakan suatu cemilan yang enak dan gurih dan cocok di makan sambil santai dalam berjalan berkendaraan. Kue  uhu-uhu memiliki cara pembuatan nya sangat lah simple dan praktis, kita hanya membuat adonannya dari tepung dan kita bentuk seperti jarring-jaring , setelah itu baru kita lumuri dengan gula merah setelah di goreng.

    Rasanya manis dan gurih inilah yang menjadikan  makanan khas asli kabupaten Bulukumba, makanan ini sangat cocok untuk oleh-oleh ataupun cemilan di waktu santai.

    Itulah beberapa makanan khas dari kabupaten Bulukumba yang masuk dalam daftar terpopuler dan terenak di sana. Ketika anda ke Bulukumba jangan lupa mampir dan mencicipi makanan khas kabupaten Bulukumba yang sangat enak dan populer  tersebut yaa.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Kabupaten Bulukumba
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar