Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Terbaik di Padang

Daftar Isi

    Sudah kelas tiga sekolah menengah atas? Sudah saatnya pula menentukan pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Sayangnya, beberapa justru membuat banyak calon mahasiswa kebingungan hingga sulit menentukan pilihan. Mulai dari pemilihan kampus sampai program studi (Prodi) atau jurusan yang ingin dipelajari.

    Faktor utama yang sering menjadi kendala ketika memilih jurusan adalah kurangnya pemahaman akan minat dan bakat, serta cita-cita untuk berkarir di masa depan. Sebab itu, sebaiknya kenali minat dan bakat yang sesuai dengan cita-cita kamu agar setelah lulus kamu bisa menentukan karirmu.

    Nah, salah satu prodi favorit yang banyak diminati para calon mahasiswa adalah jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia banyak dipilih calon mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam mengajar, serta bercita-cita untuk menjadi guru di masa depan.

    Lantas, apa itu Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia?
    Pendidikan Bahasa Indonesia, merupakan program studi yang fokus pada keterampilan dalam berbahasa Indonesia secara baik dan benar, serta efektif. Seperti keterampilan dalam membaca, menulis, berbicara, hingga menyimak. 

    Seperti yang kita tahu, jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia adalah mencetak seorang guru sehingga nantinya kamu juga akan diajarkan metode mengajar Bahasa Indonesia yang tepat. Ada pula materi kuliah tentang sintaksis, semantik, morfologi, fonologi, dan lain sebagainya.

    Pengetahuan lainnya yang diajarkan jika kamu masuk jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia antara lain kemampuan berkomunikasi dengan lisan dan tulisan, kemampuan untuk memahami dan menganalisa, tentang berpikir secara sistematis, sampai bagaimana menjadi terampil dalam interpersonal.

    Kenapa Memilih Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia?
    Selain mendapatkan kemampuan dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar sehingga efektif dalam berkomunikasi, ada banyak alasan yang baik untuk memilih prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Apa saja?

    Pertama, lulusan sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia memiliki peluang kerja yang jelas. Ya, menjadi seorang guru bidang studi Bahasa Indonesia. Meski menjadi guru PNS merupakan cita-cita utama bagi lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia, tapi bekerja di yayasan atau lembaga swasta juga tidak kalah menguntungkan.

    Selain itu, dengan menjadi guru Bahasa Indonesia kamu bisa mengajarkan keterampilan berbahasa dan berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia secara tepat dan efektif ke daerah-daerah, terutama di daerah yang masih kekurangan tenaga pengajar.

    Kedua, setelah meraih sarjana di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia bukan berarti kamu serta merta tidak bisa menapaki karir selain menjadi seorang guru yang hanya bisa mengajar di negeri sendiri. Tidak, justru kamu berkesempatan berkarir di luar negeri memperkenalkan dan mengajarkan Bahasa Indonesia kepada orang-orang di dunia lewat program Bahasa Indonesia yang dibuat Badan Bahasa.

    Ketiga, prospek kerja untuk lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia tidak selalu berakhir menjadi seorang guru. Kamu juga berkesempatan untuk bekerja di Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Di sana kamu bisa menjadi seorang pengembang kurikulum atau instruktur pengembangan dan pembinaan bahasa.

    Keempat, dunia jurnalistik hingga penulis kreatif juga terbuka lebar untuk para lulusan sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia. Kamu bisa menjadi jurnalis atau wartawan, penulis sastra atau fiksi, hingga editor yang membutuhkan ahli Bahasa Indonesia.

    Hal menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan setelah lulus dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia adalah kesempatan melanjutkan pendidikan pascasarjana. Bahkan jika kamu berprestasi, beasiswa dari kampus yang bergengsi bisa kamu dapatkan.

    Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Adzkia
    Universitas Adzkia adalah perguruan tinggi pilihan untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah dengan prodi atau jurusan Bahasa Indonesia. Universitas Adzkia didirikan di bawah naungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat. 

    Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia mulai dibuka di Universitas Adzkia pada 2016 dan ditetapkan pada November 2017. Berawal dari lima dosen tetap dan seorang dosen PNS, kini prodi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Adzkia mengalami perkembangan yang sangat pesat.

    Visi dan Misi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Adzkia
    Seperti perguruan tinggi lainnya, kampus yang beralamat di Jalan Raya Taratak Paneh No 7, Kota Padang, Sumatera Barat ini juga memiliki visi dan misi melalui prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. 

    Visi
    Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia memiliki visi untuk menjadikan prodi yang mencetak lulusan sarjana yang berkarakter Islami, profesional dan kompetitif, serta menguasai IPTEK tahun 2025.

    Misi
    Selain visi, misi yang diemban prodi Pendidikan Bahasa Indonesia antara lain:
    1.Menyelenggarakan Pendidikan Bahsa Indonesia yang berkarakter, profesional, demokratis, dan berdaya saing.
    2.Menyelenggarakan pembelajaran yang berintegrasi dengan pengetahuan umum dan nilai-nilai agama yang bertujuan untuk membentuk karakter secara Islami.
    3.Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan atau research and development.
    4.Mengembangkan program studi berbasis IPTEKS dan realitas dunia kerja serta pengembangan diri.
    5.Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menyebarluaskan dan menerapkan teori-teori keilmuan dalam Pendidikan Bahasa Indonesia.

    Kuliah Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Adzkia kamu akan mempelajari materi-materi keilmuan terkait keterampilan dalam berbahasa Indonesia, Ilmu tentang bahasa dan sastra, yang dilengkapi dengan kemampuan agar dapat menjadi seorang pendidik serta pengajar di bidang studi Bahasa Indonesia secara handal dan profesional. 

    Menariknya, tak hanya teori-teori tentang Pendidikan Bahasa Indonesia yang akan kamu peroleh, Universitas Adzkia juga membekali setiap mahasiswanya, termasuk untuk jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dengan ilmu agama Islam.

    Kurikulum
    Bagi kamu para calon mahasiswa di Kota Padang, Sumatera Barat, Universitas Adzkia adalah pilihan yang tepat untuk mendalami ilmu untuk jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Mengapa? Tentunya karena prodi Pendidikan Bahasa Indonesia di kampus ini memiliki kurikulum yang sangat bagus.

    Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia di kampus Adzkia Kota Padang memberlakukan kurikulum yang disusun dengan Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) melalui Perpres RI 8 tahun 2012 sebagai pedoman. Selain itu, kurikulum pada prodi ini juga sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 49 tahun 2014 terkait standar nasional pendidikan tinggi.

    Melalui kurikulum berbasis KKNI secara nasional, kampus Adzkia akan menghasilkan lulusan program studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkomptensi atau learning outcomes sesuai standar nasional. Kendati begitu, kurikulum ini tidak membatasi kegiatan dan cara pembelajaran (different pathways standardized ouput/outcomes).

    Selain itu, program studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Adzkia sudah mengantongi akreditasi Baik secara resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan demikian, Universitas Adzkia bertekad untuk menghasilkan lulusan yang mampu mewujudkan cita-citanya dan berperan aktifa dalam mencerdaskan anak bangsa sebagai pengajar hingga mampu menjawab tantangan di dunia kerja.  

    Tunggu apalagi? Yuk persiapkan diri kamu untuk bergabung dan menjadi bagian dari mahasiswa cerdas dan kreatif melalui Prodi atau jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Adzkia, Kota Padang, Sumatera Barat.

    Untuk Pendaftaran klik link berikut : https://spmb.adzkia.ac.id 
    Contact Person : 
    0813-7464-6550 (Cindy) 
    0813-7814-9583  (Humas Univ. Adzkia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Terbaik di Padang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar