Mr P Digerogoti Kanker karena Sering Masturbasi, Mungkinkah Terjadi?

Daftar Isi

    Foto: HPV penyebab kanker penis bisa menular lewat hubungan seksual

    LancangKuning.Com, Jakarta - Walaupun relatif jarang terdengar, kanker penis memang ada dan bisa menyerang pria manapun. Namun bila ada yang mengaitkannya dengan kebiasaan masturbasi, tunggu dulu. Dokter bisa menjelaskannya.

    Dokter urologi dari RS Mayapada, dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, menjelaskan bahwa kanker penis disebabkan oleh infeksi HPV (Human Papiloma Virus). Jenis virus yang sama dengan penyebab kanker serviks pada wanita, dan tidak ada hubungannya dengan masturbasi.

    Baca Juga: Penyebab Utama Asam Urat

    "Masturbasi tidak ada kaitannya dengan luka di luar. Kanker penis itu terjadi berupa infeksi akibat Human Papiloma Virus (HPV) dan hygienennya yang buruk. Jadi nggak ada masturbasi yang dapat meningkatakan risiko kanker penis," jelas dr Akbari saat dihubungi, dilansir dari detikHealth, Jumat (1/2/2019).

    Jangankan masturbasi. Infeksi pada Mr P pun tidak serta merta bisa memicu kanker penis, hanya infeksi HPV yang bisa memicu penyakit tersebut. HPV ditularkan antara lain lewat kontak langsung, misalnya saat berhubungan badan.

    Baca Juga: 4 Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Buah Duku Bagi Ibu Hamil Muda!

    "Penyebab utama kanker penis adalah HPV, kalo wanita yang terkena HPV itu bisa terjadi pada wanita kanker serviks yang suka gonta-ganti pasangan, dan lain sebagainya. Intinya berhubungan badan," lanjut dr Akbari. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mr P Digerogoti Kanker karena Sering Masturbasi, Mungkinkah Terjadi?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar