Bahaya Mengkonsumsi Buah Ini Bersamaan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Indonesia sebagai negara tropis tentunya memiliki beragam buah yang sangat banyak. Buah-buah tersebut, seperti yang kita ketahui memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan yang terdapat pada buah dapat mencegah seseorang yang mengkonsumsinya dari berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan mengonsumsi buah yaitu diabetes, penyakit jantung, stroke, serta penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi buah juga dapat mengontrol gula darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

    Dibalik banyaknya manfaat tersebut, ternyata mengonsumsi buah tertentu secara bersamaan dapat berbahaya bagi tubuh manusia. Buah tersebut jika dikonsumsi secara bersamaan dapat menimbulkan racun ataupun penyakit bagi yang mengkonsumsinya.

    Menurut salah seorang penasihat diet mediterania yang bernama Emilia Klapp. BS. RD., berikut adalah buah-buah yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.

    1. Pepaya dan lemon

    Mengonsumsi buah pepaya dan lemon secara bersamaan atau dalam jangka waktu yang dekat dapat mempengaruhi kadar hemoglobin dalam darah dan dapat memicu penyakit anemia. Anemia merupakan penyakit dimana kadar sel darah merah kita lebih rendah dari pada yang biasanya. Rendahnya sel darah merah, akan berpengaruh terhadap rendahnya kadar oksigen yang ada dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan mudah terasa lelah. Selain itu, anemia juga dapat menyebabkan sesak napas dan sakit kepala.

    1. Nanas dan susu

    Pencampuran buah nanas dengan sesuatu yang mengandung susu di dalamnya dapat menimbulkan racun pada tubuh.

    1. Jeruk dan wortel

    Jeruk dan wortel yang sama-sama mengandung vitamin C sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersama-sama. Jika dikonsumsi bersamaan, dapat berefek pada ginjal akibat dari tingginya produksi empedu, serta dapat menimbulkan perasaan mulas dan masalah bagi hati.

    1. Buah manis dengan buah manis lainnya atau buah asam dengan buah asam lainnya

    Jika hal ini dilakukan, dapat mengakibatkan perlambatan dalam pembentukan glukosa, dan dapat memicu pembentukan racun dalam tubuh. Konsumsi buah manis dengan ikan, kelapa, youghurt, kacang, keju, daging, dan telur juga sebaiknya dihindari.

    1. Buah yang memiliki kadar asam tinggi ataupun rendah dengan makanan yang mengandung karbohidrat

    Buah yang memiliki rasa asam seperti lemon, belimbing, dan jeruk sebaiknya tidak dikonsumsi bersama makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, sereal, jagung, ataupun roti. Mengonsumsi makanan ini secara bersamaan dapat menambah beban terhadap kinerja sistem pencernaan. Hal ini terjadi karena kedua jenis makanan tersebut sulit untuk dicerna.

    1. Buah netral

    Buah netral merupakan buah yang banyak mengandung vitamin, protein, minyak, dan garam mineral. Contoh dari buah netral adalah kacang, pepaya, dan alpukat. Buah netral tidak boleh dikonsumsi bersamaan selain dengan buah netral itu sendiri. Akibat dari mengonsumsi buah lain bersamaan dengan buah netral dapat mengakibatkan sulitnya pencernaan dan rusaknya hati.

    Itulah beberapa jenis buah yang sebaiknya kita hindari untuk dikonsumsi secara bersamaan. Mari kita jaga kesehatan tubuh kita dengan lebih peduli terhadap apa yang kita makan sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Berikut sedikit saran mengenai tata cara makan buah yang baik.

    • Jika Anda terbiasa memakan buah setelah makan nasi, sebaiknya jauhi kebiasaan tersebut. Mengonsumsi buah sebelum makan nasi dapat mempercepat proses pencernaan.
    • Sebaiknya tidak membuat jus dari buah yang memiliki kadar asam.
    • Beri waktu jeda sekitar sejam jika ingin meminum jus setelah makan.
    • Hindari mengonsumsi sayur dan buah secara bersamaan.
    • Jeruk sebaiknya tidak dicampur dengan jenis buah lainnya.
    • Sebaiknya buah yang mengandung kadar asam dikonsumsi pada pagi hari. Sedangkan untuk buah manis, bebas dikonsumsi kapan saja.
    • Buah yang dikonsumsi sebaiknya dalam kondisi matang. Karena jika belum matang, buah tersebut dapat membentuk asam dalam tubuh.(Syafira)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bahaya Mengkonsumsi Buah Ini Bersamaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar