Meriam Peninggalan Sejarah Kerajaan Pelalawan di Riau Masih Dapat Ditemukan dan Terawat

Daftar Isi

    Meriam-meriam yang ada di lokasi sekitar Istana Sayap merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Pelalawan. Meriam yang ada di Kerajaan Pelalawan saat ini telah dikumpulkan di satu tempat di salah satu lokasi yang ada di Kerajaan Pelalawan.  Tempat ini sudah diberi cangkup sebagai pelindung Meriam yang ada di sana dari terik panas matahari dan juga hujan. Selain itu juga terdapat Makam Raja-Raja Pelalawan.

    Meriam ini dulunya digunakan sebagai senjata saat perang melawan Kerajaan Siak dan pada saat melawan penjajah Belanda. Adapun ukuran Meriam ini bermacam-macam, mulai dari 1,3 m hingga yang memiliki panjang 2,25 m.

    Meriam yang ada di lokasi Istana Sayap ini selain dilindungi dengan cangkup juga dilindungi dengan cat yang melapisi Meriam, sehingga dapat mengurangi korosi pada Meriam tersebut. Peninggalan Kerajaan Pelalawan berupa Meriam ini erat kaitannya dengan Makam-Makam Raja-Raja Pelalawan, seperti Makam Raja-Raja Pelalawan I, Makam Raja-Raja Pelalawan II, Makam Raja-Raja Pelalawan III, Istana Sayap, Mesjid Hibbah yang ada di sekitar lokasi.

    Meskipun hanya berupa Meriam namun benda ini merupakan asset sejarah bangsa yang sangat berharga, dengan adanya peninggalan meriam ini, itu artinya banyak pelajaran sejarah yang ada di daerah ini. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Meriam Peninggalan Sejarah Kerajaan Pelalawan di Riau Masih Dapat Ditemukan dan Terawat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar