Efek Pada Tubuh Bila Mengkonsumsi Makanan Berformalin

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Formalin adalah sejenis cairan untuk mengawetkan mayat yang sampai  sekarang masih digunakan oleh rumah sakit untuk mengawetkan jaringan tubuh  manusia dari hasil Biopsi (sampel langsung) yang diambil pada saat operasi agar bisa diteliti di labolatorium.

    Formalin adalah suatu cairan yang tidak berwarna akan tetapi memiliki bau  yang sangat keras dan mempunyai berat jenis 1,09 kg/L pada suhu 20°C. Menurut  penelitian oleh Bada Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menunjukkan bahwa sudah sangat banyak makanan sehari-hari yang sudah terkontaminasi oleh formalin seperti ikan asin, bakso, tahu, dll.

    Bagaimana efek Formalin apabila masuk ke dalam tubuh?

    Formalin adalah zat yang sangat beracun bagi tubuh manusia, karena pada  formalin terdapat Karsinogen (yang menyebabkan kanker), Mutagen (yang merubah sel jaringan pada tubuh), Iritatif dan juga Korosif. Bahkan uap dari Formalin juga sangat  berbahaya untuk pernafasan manusia apila terhirup dan juga sangat berbahaya apabila jika Iritatif dan Korosif sampai tertelan oleh manusia. Apabila seseorang menelan zat yang bersifat iritatif maka seseorang tersebut harus banyak-banyak meminum air putih yang banyak dan memuntahkan semua isi yang ada di lambungnya.

    Dampak bagi kesehatan apabila kita selalu terpapar oleh Formalin secara  kronik dan secara terus menerus yaitu :

    1. Iritasi pada mata

    Ketika formalin menguap dan terurai di udara melebihi 0,1 ppm dapat  mengakibatkan mata berair dan rasa terbakar pada mata.

    1. Mual

    Di beberapa kasus formalin dapat membuat seseorang mual-mual.

    1. Iritasi saluran pernafasan

    Apabila formalin terhirup dan masuk ke sistem pernafasan akan  mengakibatkan rasa panas pada hidung dan juga tenggorokan. Bahkan jika terpapar     terus menerus membuat sesak nafas hingga sulit untuk bernafas.

    1.  Kerusakan organ pencernaan

    Apabila formalin tertelan lalu masuk ke dalam tubuh, formalin dapat      merusak organ pencernaan. Dimana pada awalnya akan terasa terbakar pada kerongkongan, tenggorokan hingga ke perut. Gejala yang lain seperti sulit menelan makanan, bahkan keadaan ini akan mengarah pada kehilangan kesadaran dan pendarahan.

    1. Gangguan menstruasi

    Pada wanita akan mengalami gangguan menstruasi dimana siklus menstruasi akan tidak teratur atau bahkan menyebabkan gangguan kesuburan.

    1.  Kanker hidung

    Apabila anda terpapar dan menghirup formalin dalam jangka waktu yang Panjang akan menyebabkan kanker pada hidung. Dikarenakan formalin sangat     beracun dan memiliki zat karsinogenik.

    1. Kanker otak

    Seperti yang kita ketahui, formalin sangat berbahaya bagi kesehatan apalagi ketika terpapar dalam jangka yang Panjang dimana akan menyebabkan kanker otak karena formalin juga mengandung zat karsinogenik, yang memicu tumbuhnya sel-sel kanker.

    1. Mengganggu proses pertumbuhan

    Formalin sangat banyak kita jumpai pada jajanan sekolah anak-anak pada umumnya, apabila kita membiarkan anak-anak terus terusan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat formalin ini akan mengganggu proses pertumbuhan dari anak-anak.

    Dampak buruk dari formalin tidak hanya ketika kita mengkonsumsi makanan berformalin saja tetapi ketika kita sedang terpapar langsung dan juga bersentuhan langsung dengan zat berbahaya yang satu ini akan berdampak buruk terhadap tubuh kita, bayangkan bagaimana rasanya kita memakan makanan yang mengandung zat pengawet mayat ini di kehidupan kita sehari-hari, tentu kita akan sangat waspada dalam membeli makanan yang ada di pinggir-pinggir jalan, walau tidak semua pedagang menggunakan cara curang ini.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Efek Pada Tubuh Bila Mengkonsumsi Makanan Berformalin
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar