Siap Grak! Prajurit TNI AU Pimpin Upacara HUT ke-77 RI di Permukiman Transmigrasi

Daftar Isi


     
    Foto: Masyarakat Transmigrasi Jasa Industri di Pekanbaru yang menggelar upacara dipimpin prajurit TNI AU.

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Banyak cara dilakukan dalam merayakan HUT Ke-77 RI yang jatuh pada hari ini. Satu di antaranya adalah masyarakat Transmigrasi Jasa Industri di Pekanbaru yang menggelar upacara dipimpin prajurit TNI AU.

    Upacara digelar di lapangan Trans Jasa Industri Jalan Cipta Karya Pekanbaru. Terlihat puluhan warga antusias mengikuti upacara mulai anak-anak hingga lansia.

    Yang menarik, komandan upacara adalah prajurit TNI AU Lanud Roesmin Noerjadin, Serda Nurhadi. Serda Nurhadi memimpin upacara setelah diminta langsung warga setempat.

    "Hari ini kita melaksanakan secara hikmat, singkat dan cepat. Upacara ini perdana di Trans Jasa Industri dilaksanakan, tentu ini berkat kekompakan masyarakat setempat," kata Nurhadi di lokasi, Rabu (17/8/2022).

    Lewat upacara 17 Agustus, Serda Nurhadi optimis masyarakat akan semakin cinta dan tahu sejarah. Sebab hari Kemerdekaan harus diketahui seluruh masyarakat hingga generasi muda.

    Pria yang bertugas di Sekadron Udara 12, Wing 6 Lanud RSN tersebut langsung menyambut permintaan warga. Setelah dapat izin atasan, Nurhadi jadi pemimpin upacara hari ini. 

    "Upacara di mana saja bisa, (untuk Lanud) ada di kantor gubernur, kabupaten dan di kota. Hari ini ada permintaan masyarakat untuk saya memimpin upacara di wilayah sendiri, ini tentu sangat membanggakan," tegas Nurhadi.

    Terbukti, antusias masyarakat Trans Jasa Industri sangat tinggi. Terlihat beberapa lansia ikut berdiri tegak, sikap sempurna saat upacara dimulai sekitar pukul 07.50 WIB.

    Beberapa peserta lansia yang pakai baju adat jawa dan batik terlihat gemetaran saat bendera merah putih mulai dikibarkan. Namun karena tekad yang kuat membuat para lansia menuntaskan upacara dengan wajah ceria.

    "Seluruh pemuka masyarakat memberikan contoh. Memang kalau dari usia sudah 60-70 tahun, tetapi semangat mereka sangat tinggi. Ini contoh bagi generasi muda," kata Nurhadi.

    Upacara 17 Agustus Sebagai Simbol dari Kebangkitan dari Pandemi COVID-19

    Ketua RW setempat, Wendri Tanjung yang jadi pembina menilai upacara 17 Agustus digelar sebagai bentuk 'Merdeka dari Virus COVID-19'. Sebab sejak 2 tahun pandemi, ekonomi masyarakat lumpuh.

    "Ini bukti, tanda kita harus bangkit setelah pandemi COVID-19 melanda. Banyak toko, warung dan masyarakat terdampak. Maka tahun ini, kita harus bangkit," kata Wendri.

    Kawasan Trans Jasa Industri di Sialang Munggu Pekanbaru tercatat salah satu kawasan Transmigrasi yang ada sejak tahun 1990 lalu. Transmigrasi dilakukan lewat kerja sama 2 gubernur saat itu, yakni gubernur Riau dan DKI Jakarta.

    "Di kampung kita ini semua masyarakat transmigrasi yang masuk tahun 1990 lalu. Masuk awal total ada 50 kepala keluarga yang terdiri dari 35 transmigrasi dari DKI Jakarta dan 15 dari lokal di Riau," imbuh Ketua RT setempat, Daman Huri.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Siap Grak! Prajurit TNI AU Pimpin Upacara HUT ke-77 RI di Permukiman Transmigrasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar