Era New Normal, Mahasiswa Kukerta UNRI Buat Tempat Sampah

Daftar Isi

    Foto: Mahasiswa Kukerta UNRI bersama perangkat Desa Kota Lama, Kabupaten Inhu.

     

    Lancang Kuning, INHU - Saat ini Indonesia memasuki tahap new normal, yakni adanya perubahan perilaku untuk tetap melakukan aktivitas normal ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19. 

    Masyarakat Desa Kota Lama harus tetap menjaga kebersihan lingkungan agar tidak terkena penyakit yang mengakibatkan melemahnya imun tubuh. Ketika imun tubuh melemah, penularan virus Covid-19 akan lebih mudah berlangsung. 

    Sebagai suatu upaya mencegah penularan virus Covid-19 yakni dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar di Desa Kota Lama, mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2022 membuat tempat sampah dari ember bekas di kabupaten Indragiri Hulu, Kecamatan Rengat Barat, Rabu (03/08/2022).

    Mahasiswa KUKERTA memanfaatkan barang bekas sebagai tempat sampah yang akan dibuat. Langkah pertama pembuatan tempat sampah ini adalah membersihkan ember bekas tersebut dimana tempat sampah ini berjumlah 12 buah. Setelah dibersihkan, ember bekas juga di beri cat agar terlihat cantik dan menarik. 

    Kemudian, mahasiwa kukerta membuat tonggak kayu untuk meletakkan tempat sampah tersebut. Tempat sampah terdiri dari dua bagian yakni tempat sampah organik dan tempat sampah non-organik. Pembuatan tempat sampah ini dilakukan selama tiga hari
    lamanya.

    Pembagian tempat sampah ini berlangsung pada hari Sabtu (13/08/2020). Tempat sampah dibagikan ke setiap dusun yang ada di Desa Kota Lama yakni berjumlah lima dusun. Tempat sampah diletakkan di masjid yang ada di setiap dusun dan juga di Kantor Desa. 

    “Kami mahasiswa KUKERTA memiliki program kerja yakni membuat tempat sampah dan membagikannya pada setiap dusun yang diletakkan di masjid,” ujar Fajar Bayu Lesmana.

    Dengan adanya program kerja pembagian tempat sampah ini diharapkan masyarakat di setiap Dusun yang ada di Desa Kota Lama tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan hal sederhana yakni membuang sampah pada tempatnya. (LK/Rls) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Era New Normal, Mahasiswa Kukerta UNRI Buat Tempat Sampah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar