Mengenal Muzium Negara, Tempat Kapak Wiro Sableng Berada

Daftar Isi

    Foto: Suasana interior Muzium Negara

    LancangKuning. Com, Kuala Lumpur - Kapak Wiro Sableng yang asli bisa dilihat para traveler di Muzium Negara, Kuala Lumpur, Malaysia. Sebenarnya, museum apakah ini?

    detikTravel beberapa waktu lalu berkunjung ke Muzium Negara di Kuala Lumpur, Malaysia. Ini adalah destinasi wajib untuk traveler yang ingin mengenal lebih jauh tentang Negeri Jiran itu.

    Ada banyak barang koleksinya, tapi yang unik dan menarik untuk traveler Indonesia adalah Kapak Wiro Sableng. Memang begitu nama senjatanya: Wiro Sableng. Kenapa senjata ini ada di museum, mungkin ceritanya bisa dimulai dari sejarah museumnya.

    Informasi resmi yang diperoleh detikTravel, Muzium Negara ini digagas oleh PM Malaysia pertama Tunku Abdul Rahman. Lokasinya adalah di bekas Museum Selangor yang hancur dibom Sekutu tahun 1945.

    Baca Juga: Boo, Anjing Terlucu di Dunia Mati karena Patah Hati

    Pembangunan dimulai tahun 1959 dan selesai 1963. Museum ini diresmikan Yang Dipertuan Agong Tuanku Syed Putra Al Haj ibni Almarhum Syed Hassan Jamalullail. Arsitekturnya bergaya istana Melayu tradisional dengan 26 tiang beton melambangkan masing-masing 13 negara bagian di sana.

    Ada dua mural dengan kaca mosaik Italia menggambarkan sejarah Malaysia. Museum ini terdiri dari 2 lantai dan dibagi menjadi 4 galeri. Galeri A adalah sejarah awal, Galeri B adalah kerajaan-kerajaan Melayu, Galeri C adalah era kolonial dan Galeri D adalah Malaysia masa kini.

    Uniknya, kapak Wiro Sableng bukanlah artefak utama museum ini. Kapak Wiro Sableng statusnya hanya koleksi biasa, ini karena toh novel Wiro Sableng pun fiktif sifatnya.

    Koleksi penting yang diangkat oleh Muzium Negara Malaysia dari Galeri A adalah kerangka manusia purba dari Perak dan lonceng perunggu Dong Son. Dari Galeri B, barang pentingnya adalah Patung Avalokitesvara, mural Hang Tuah dan singgasana Kesultanan Perak. Padahal di ruangan inilah terdapat kapak Wiro Sableng.

    Dari Galeri C, barang pentingnya adalah Meja Perjanjian Pangkor yang menandai dimulainya penjajahan Inggris di Malaysia. Ada pula beberapa barang peninggalan masa Kolonial. Yang terakhir di Galeri D, barang berharganya adalah mahkota raja dan teks proklamasi kemerdekaan Malaysia.

    Kembali ke kapak Wiro Sableng, letaknya ada di Galeri B area B2 yaitu kerajaan-kerajaan Melayu di Nusantara. Di area tersebut banyak artefak kuno berupa perhiasan dan persenjataan. Keterangan resmi museum menyebutkan, "Wiro Sableng: Senjata yang berbentuk tombak ini berusia lebih dari 100 tahun. Bahagian pangkalnya berbentuk seperti mata kapak dan bersarung. Digunakan dalam adat istiadat diraja di Tanah Jawa." dikutip dari Laman Detik. Com

    Unik bukan? Kalau kamu penasaran, ayo rencanakan liburan kamu ke Muzium Negara Malaysia.

    Tiket masuk dan cara ke sana:

    Muzium Negara buka setiap hari pukul 09.00-18.00. Hanya tutup pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Harga tiketnya RM 5 (Rp 17.300) untuk wisatawan https://www.detik.com/tag/wisatawan/ dewasa dan RM 2 (Rp 7.000) untuk anak 6-12 tahun. Museum ini berada di Jalan Damansara. Traveler bisa naik MRT dan turun di Stasiun Muzium Negara. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengenal Muzium Negara, Tempat Kapak Wiro Sableng Berada
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar