Tempat Magang Jurusan Manajemen Pemasaran Padang

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, mengharuskan mahasiswanya untuk mengikuti program magang. Kendati sejumlah jurusan tidak mewajibkan mahasiswanya magang, namun tetap dianjurkan di beberapa fakultas.

    Kebanyakan jurusan menjadikan magang sebagai persyaratan kelulusan bagi mahasiswanya. Bahkan magang sudah diterapkan di sekolah kejuruan atau SMK dengan istilah praktik kerja lapangan maupun praktik kerja industri (Prakerin).

    Magang merupakan kegiatan latihan kerja yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan keahlian dan ilmu pengetahuannya langsung di dunia kerja. Tujuannya untuk melatih mahasiswa sesuai jurusannya, mempersiapkan dan menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa agar lebih siap menghadapi dunia kerja nanti.

    Biasanya, pihak kampus menentukan tempat magang bagi mahasiswanya sesuai jurusan. Namun, beberapa kampus ada yang membebaskan mahasiswanya memilih tempat magang sendiri dan tentunya sesuai jurusan serta dengan persetujuan pihak kampus.

    Kebebasan dalam memilih tempat magang memang lebih menguntungkan bagi mahasiswa karena berkesempatan untuk mengajukan magang di perusahaan yang menjadi incarannya. Namun, sayangnya, tidak sedikit pula mahasiswa yang sulit menentukan tempat magang yang tepat sesuai jurusan hingga akhirnya menjatuhkan pilihan yang tak berdasarkan bidang keahlian dan ditempatkan di divisi yang tidak sesuai pula.

    Alhasil, program magang yang dilakukan di tempat tidak sesuai jurusan dengan pekerjaan tak berdasarkan keahlian pula hanya akan berakhir sia-sia. Sebab itu ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tempat magang yang tepat. Apa saja? Sebagai berikut:

    1. Sesuai Bidang Kerja

    Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih tempat magang adalah sesuaikan dengan bidang kerja. Sebab, manfaat magang yang paling utama yakni memperkaya ilmu pengetahuan, keahlian, dan pengalaman terkait bidang pekerjaan atau industri sesuai jurusan kamu tentunya.

    2. Tempat Magang yang Membuat Kamu Berkembang

    Selanjutnya, pastikan job desc atau tugas-tugas dari pekerjaan di tempat magang yang kamu pilih seiring dengan keinginan kamu berkembang profesional. Magang menjadi kesempatan terbaik untuk mempelajari secara mendalam tentang perusahaan, hingga cara dan sistem kerjanya.

    3. Sesuaikan Durasi Magang

    Umumnya, magang berdurasi 3 sampai 6 bulan serta dengan ketentuan berbeda-beda pula pada tiap perusahaan. Sebagian perusahaan mungkin akan mewajibkan mahasiswa magang untuk hadir setiap hari seperti karyawan full time.  Ada pula yang memberikan kelonggaran waktu magang, asalkan waktu yang dibutukan untuk bekerja terpenuhi.

    4. Potensi Membangun Jaringan

    Dan yang tak kalah pentingnya adalah memastikan tempat magang yang dipilih berpotensi untuk membantu kamu membangun jaringan atau relasi. Seperti diketahui, jaringan atau relasi sangat dibutuhkan di dunia kerja.

    Pastikan perusahaan tersebut memberikan kesempatan untuk kamu bebaur dengan karyawan lainnya. Sangat disarankan bagi mahasiswa magang untuk mengenal orang-orang di lingkungan kerja magangnya dan mengetahui pekerjaan yang dilakukan, serta menjaga agar hubungan tetap terbangun dengan baik pula.

    Tempat Magang Jurusan Manajemen Pemasaran Pekanbaru

    Bagi mahasiswa dan siswa kejuruan atau SMK, magang bukanlah sesuatu yang asing lagi. Salah satu jurusan yang mengharuskan siswa maupun mahasiswanya untuk mengikuti program magang adalah manajemen pemasaran.

    Manajemen pemasaran adalah jurusan yang mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran suatu produk, baik barang maupun jasa. Mulai dari perencanaannya, pengembangannya, segmentasi konsumen, analisa di pasaran, metode promosi dan periklanan, serta lain sebagainya.

    Di jurusan manajemen pemasaran, mahasiswa dituntut untuk mampu berpikir kreatif dan inovatif guna memasarkan produk dan menjangkau konsumen seluas-luasnya. Sehingga, target yang menjadi tujuan perusahaan dapat tercapai.

    Nah, di Pekanbaru, salah satu perusahaan yang membuka program magang untuk jurusan manajemen pemasaran adalah Garuda Cyber Indonesia. Garuda Cyber Indonesia bergerak di bidang IT Software Development yang sudah bediri sejak 2013.

    Di Garuda Cyber Indonesia, kamu akan dibimbing dan dilatih oleh instruktur atau mentor yang handal, profesional dan berpelangalaman. Kamu akan dilatih untuk menjadi seorang yang ahli terutama dalam berstrategi untuk manajemen pemasaran.

    Untuk dapat magang di Garuda Cyber Indonesia, kamu hanya perlu melengkapi persyaratan dan sesuai dengan ketentuan. Informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi Garuda Cyber Indonesia di Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru.

    Contact Person : 0811-7692-800

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Magang Jurusan Manajemen Pemasaran Padang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar