Makanan Khas Kepulauan Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kepulauan Riau terkenal dengan ragam dan ciri khas makanannya. Banyak sekali keunikan dari segi kuliner yang tersedia. Berikut kita paparkan ragam makanan khas Kepulauan Riau.

    1. Sop tunjang

    Sop Tunjang merupakan makanan khas Kepulauan Riau berbahan basic tulang daging sapi. Tentu isinya tak cuma tulang saja, tapi tersedia pula irisan anggota daging sapi tidak tipis sebagai anggota berasal dari Sop tunjang.

    Kuah Sop tunjang memang keluar seperti kuah soto. Tapi rasanya lebih gurih, lembut, serta amat terasa kaya akan rempah-rempah. Menu ini akan amat sesuai andaikata disajikan bersama dengan potongan ketupat atau lontong.

    2. Cencaluk Makanan Khas Kepulauan Riau

    Kuliner tradisional Kepulauan Riau berkuah lainnya ialah Cencaluk. Menu masakan Cencaluk terbuat berasal dari bahan udang-udang berukuran kecil beserta potongan-potongan bumbu rempahnya.

    Seperti andaikata cabe merah, cabe hijau, bawang merah, jeruk nipis, dan rempah lainnya. Dulu, Cencaluk biasanya disajikan di acara-acara khusus saja. Namun karena rasa fresh dan gurihnya, Cencaluk kian eksis sampai sekarang.

    3. Gulai ikan patin

    Gulai ikan patin merupakan makanan khas Kepulauan Riau yang berasal berasal dari kota Pekanbaru. Di Pekanbaru hasil tangkapan ikan Patin memang memadai melimpah karena kota ini diapit oleh empat sungai sekaligus. Yaitu Sungai Kampar, Sungai Siak, Sungai Indragiri, dan Sungai Rokan.

    Ciri khas dari kuliner gulai Patin adalah kuahnya yang berwarna kuning, dan dipadukan bersama dengan potongan daging patin yang berukuran besar. Ikan patin dikenal punyai kandungan yang sangat rendah kolesterol serta punyai tekstur daging yang lembut bersama dengan rasa yang begitu gurih. Sehingga andaikata diracik menggunakan bumbu gulai, akan langsung meresap sampai ke anggota dalam daging.

    4. Sop ikan Batam

    Selain olahan sop daging sapi, Riau terhitung punyai olahan sop berbahan basic ikan. Tepatnya masakan ini banyak ditemui di daerah Batam.

    Jenis ikan manfaat sebabkan sop ikan Batam ini biasanya ialah ikan tipe tenggiri. Potongan tenggiri diolah sedemikian rupa sesudah itu disiram bersama dengan kuah bening serta perasan jeruk nipis dan sedikit kecap asin. Bagi fans makanan pedas, biasanya menu ini terhitung disajikan bersama dengan irisan cabe rawit.

    5. Asam pedas baung

    Selain olahan kuliner gulai patin, makanan khas Kepulauan Riau berbahan basic ikan lainnya ialah asam pedas baung. Baung adalah ikan air tawar yang membawa protein tinggi tapi rendah lemak.

    Baung biasanya punyai habitat di Sungai Besar atau anggota muara sungai. Rempah-rempah untuk meracik Asam Pedas Baung sendiri adalah jahe, serai, kemiri, lengkuas, cabe merah, daun kunyit, dan lain-lain. Ciri khas berasal dari kuah asam pedas baung adalah kuah berwarna merah, serta punyai tekstur daging lembut dan kenyal.

    6. Selais asap

    Selain baung dan patin, Kepulauan Riau terhitung punyai hasil ikan melimpah lainnya yaitu Selais. Selais banyak diolah bersama dengan cara asapan dan disajikan menggunakan sambal merah pedas. Sambal ini biasanya terhitung disajikan bersama dengan potongan petai. Daging ikan selais punyai citarasa renyah dan khas aroma masakan Riau. amat sesuai andaikata disantap bersama nasi putih hangat.

    7. Gong gong

    Masih dai hasil olahan seafood, kali ini tersedia gong gong. Gong gong sendiri merupakan tipe hewan laut berwujud siput. Gong gong bisanya disajikan bersama dengan cara direbus sesudah itu dimakan bersama sambal khusus super pedas.

    Hewan laut ini banyak ditemukan di Perairan Tanjung uban, desa Lobam, Pulau Bintan dan Batam. Kandungan gizi berasal dari gong gong terhitung amat tinggi dan dipercaya bisa menambah hormon vitalitas kaum pria.

    8. Lakse Kuliner Khas Kepulauan Riau

    Lakse merupakan mie yang diracik menggunakan bumbu-bumbu ala Tionghoa dan Melayu. Uniknya, wujud mie lakse ini agak bulat dan lebih tidak tipis berasal dari mie lainnya. Lakse merupakan bhs sanskerta yang bermakna banyak. Hal ini sesuai bersama dengan lakse yang dibuat dan dimasak menggunakan banyak sekali tipe bumbu.(Firman)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Kepulauan Riau
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar