Menteri ESDM: Listrik yang Handal Dorong Tumbuhnya Industri Menengah dan Besar

Daftar Isi

    Foto: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Arifin Tasrif

     

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Arifin Tasrif berharap mengatakan Pengoperasian pembangkit ini akan memperkuat keandalan pasokan listrik di sistem Sumatera, khususnya sub-sistem Riau.

    Hal ini disampaikannya pada saat meresmikan secara langsung pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau 275 Mega Watt (MW) di Kompleks Industri Tenayan Raya Pekanbaru, Kamis (12/05/2022).

    "Dengan listrik yang andal diharapkan dapat menarik investor sehingga bisa mendorong tumbuhnya industri menengah dan besar di Pulau Sumatera," ungkapnya.

    Sebagai informasi, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau ini adalah perusahaan patungan antara PT Medco Power Indonesia melalui anak perusahaannya PT Medco Ratch Power Riau (MRPR) dengan RATCH Group.

    Pihaknya juga menyampaikan, dengan beroperasinya PLTGU Riau tentunya daya mampu sistem kelistrikan Sumatera bakal meningkat menjadi 7.266 MW dengan beban puncak mencapai 6.823 MW, sehingga cadangan sistem kelistrikan Sumatera menjadi 443 MW.

    "Dengan pasokan listrik yang cukup dan merata di Provinsi Riau, kamu juga berharap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di provinsi ini juga akan meningkat," harap Arifin. 

    Sementara itu, Presiden Direktur PT Medco Ratch Power Riau (MRPR) Eka Satria mengatakan bahwa pada 10 Februari 2022 yang lalu, pihaknya telah berhasil mencapai tahap operasi komersil sebesar 275 MW.

    "Terimakasih Pak Menteri atas kebijakan harga gas karena kebijakan tersebut sangat bagus untuk kebutuhan kelistrikan," katanya. 

    Ia juga melanjutkan, digabungkannya kebijakan dengan hibrit pembangkit yang bagus tentunya ini dapat menghasilkan harga listrik yang sangat kompetitif.

    "Hal ini tentunya sangat baik untuk hasil harga listrik yang kompetitif. Dimana dari hasil tersebut bisa menurunkan harga BPP dari Riau, juga alhamdulillah hasil baik ini diperoleh dari Riau 1 dan kami harap bisa diteruskan ke wilayah Riau 2," sebut Eka.

    Turut hadir dalam kegiatan peresmian tersebut Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Walikota Pekanbaru Firdaus, Wakapolda Riau Brigjen Pol Drs. Tabana Bangun, Komandan Korem 031 Wira Bima Brigjen TNI Inf Parlindungan Hutagalung, Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro dan tamu undangan lainnya.

     

    (Mediacenter Riau/nb)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menteri ESDM: Listrik yang Handal Dorong Tumbuhnya Industri Menengah dan Besar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar