Menhub Lepas Ribuan Orang yang Mudik Gratis Gunakan Kapal

Daftar Isi

    Foto: Menhub Budi Karya Sumadi saat di posko mudik. . (Istimewa)

     

    Lancang Kuning - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melepas keberangkatan KM Cermai yang mengangkut para pemudik yang mengikuti Program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Kementerian Perhubungan dan PT Pelni, di Terminal Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu, 30 April 2022. 

    Rute Mudik Jakarta-Semarang-Surabaya

    Melalui program mudik gratis tersebut sebanyak 1.628 orang dan 703 motor diberangkatkan, dengan rute mudik KM Cermai Jakarta-Semarang-Surabaya.

    Sedangkan jadwal kembali rute Surabaya-Semarang-Jakarta di tanggal 9 Mei 2022. Dari program mudik gratis Kemenhub tersebut, sejumlah pemudik menyampaikan rasa terima kasihnya atas layanan mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah.

    "Saya milih naik kapal, biar ga capek," kata pemudik dari Boyolali.

    Dalam kesempatan itu juga, Budi melakukan bincang dengan sejumlah peserta mudik gratis di dalam kapal. Dari pembicaraan tersebut sejumlah pemudik meminta untuk dilakukannya kembali program mudik gratis.

    Adapun dari 703 motor dan 1.628 orang pemudik tersebut, rinciannya yaitu 1.246 orang dewasa, 256 orang anak dari umur 5-12 tahun, dan 126 orang balita. Untuk tujuan peserta mudik diantaranya, Semarang 649 motor dan 1.481 orang, sedangkan tujuan Surabaya  54 motor dan 147 orang.

    Budi mengatakan, dari program mudik gratis ini diharapkan dapat memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi masyarakat yang sudah dua tahun tidak mudik. Selain itu, dengan mudik gratis diharapkan mampu mengurangi kepadatan lalu lintas dan mengurangi risiko kecelakaan.

    “Kita tahu juga kalau mengendarai motor Jakarta Semarang itu capek. Kalau capek itu risiko terhadap keselamatan,” kata Budi.

    Budi meminta kepada seluruh jajaran Ditjen Perhubungan Laut bersama Pelni, Pelindo dan unsur terkait lainnya di sektor pelayaran Dapat membuat program yang sama pada penyelenggaraan mudik tahun depan.

    Lebih lanjut terkait penyelenggaraan mudik di sektor transportasi laut, Menhub mengungkapkan telah memetakan daerah-daerah yang berpotensi terjadi lonjakan penumpang.

    Di mana Budi meminta pada aspek keselamatan pelayaran dijaga dengan baik, dan kapal jangan sampai ada yang kelebihan muatan. (LK)

     

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Sabtu, 30 April 2022 - 11:37 WIB
    Judul Artikel : Menhub Lepas Ribuan Orang yang Mudik Gratis Gunakan Kapal
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1471676-menhub-lepas-ribuan-orang-yang-mudik-gratis-gunakan-kapal?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Syahrul Ansyari,Anisa Aulia

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menhub Lepas Ribuan Orang yang Mudik Gratis Gunakan Kapal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar