Berbahaya, Polisi Imbau Jangan Mudik Pakai Motor

Daftar Isi

    Foto: Pemudik Motor. (ANTARA Foto/Hafidz Mubarak)

     

    Lancang Kuning – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengimbau pemudik memakai transportasi selain sepeda motor.  Hal ini guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas. Mengingat rawannya kecelakaan dengan menggunakan kendaraan roda dua tersebut. 

    "Kami mengimbau untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor karena berbahaya," ujarnya kepada wartawan, Minggu 24 April 2022.

    Dia menyebut, pihaknya menyiapkan mudik gratis melibatkan pihak swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tapi, dia, tidak menepis sepeda motor masih jadi transportasi favorit pemudik. 

    Untuk itu, kepolisian tetap menyiapkan pos pelayanan rest area khusus sepeda motor dengan pelbagai fasilitas, seperti di ruas jalan Kedung Waringin dan Jatiuwung yang mengarah Merak. 

    "Ada tempat untuk isi bensin ada kanan bersaing dan ngaso sebentar," katanya.

    Dia menjelaskan, untuk mudik ini tak ada penyekatan pada saat pengamanan arus mudik maupun arus balik. Pemudik cuma diminta tetap menjaga protokol kesehatan COVID-19. Diprediksi jumlah pemudik akan mengalami peningkatan.

    "Peningkatan 10 persen sampai 15 persen dibanding dengan mudik tahun 2019," katanya.

    Dirinya menambahkan, Polda Metro Jaya siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Jakarta yang akan melaksanakan mudik. Dalam hal ini, akan didirikan pos pengamanan dan pos pelayanan. 

    Namun, jumlah dan personelnya masih dihitung. Sebab, pengamanan bukan hanya untuk di jalur mudik tapi juga di tempat wisata, mal, titik keberangkatan moda transportasi.

    "Nanti masing-masing posyan siapkan booster bagi yang belum booster. Kita siapkan vaksin booster, antara lain di rest area jalan tol kemudian jalur arteri sepeda motor itu banyak," jelasnya. (LK)

     



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Minggu, 24 April 2022 - 11:30 WIB
    Judul Artikel : Berbahaya, Polisi Imbau Jangan Mudik Pakai Motor
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/metro/1469705-berbahaya-polisi-imbau-jangan-mudik-pakai-motor?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Agus Rahmat,Foe Peace Simbolon

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Berbahaya, Polisi Imbau Jangan Mudik Pakai Motor
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar