Nominasi Pemain Terbaik Afrika 2018, Mohamed Salah Paling Diunggulkan

Daftar Isi

     
    Foto: twitter.com/XS_11official

    LancangKuning.Com, Jakarta   - Di pentas sepakbola dunia, awal tahun biasanya jadi momentum pemberian penghargaan atas performa yang ditunjukan di tahun sebelumnya. Mulai dari penghargaan yang diberikan FIFA, hingga level paling bawah seperti regional macam Asia Tenggara. Federasi tertinggi bal-balan Afrika (CAF) pun tak mau kalah, sebab mereka juga telah merilis tiga nominasi Pemain Terbaik Afrika 2018.

    Mohamed Salah yang berhasil meraih penghargaan serupa di edisi sebelumnya, harus dihadapkan pada lawan berat untuk menasbihkan diri sebagai yang terbaik di Benua Afrika. Pemain asal Mesir ini harus bersaing dengan rekan setimnya, Sadio Mane, serta juru gedor Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, dilansir dari IDN Times.

    1. Semua yang masuk nominasi pemain terbaik Afrika bermain di Premier League

    Uniknya tiga nama yang masuk nominasi kali ini, sama dengan nama-nama yang masuk daftar di tahun sebelumnya. Tak pelak, banyak pihak yang memprediksi bahwa hasil pemilihan kali ini akan sama dengan tahun sebelumnya. Selain itu, ketiga pemain ini tercatat sebagai bagian dari skuat klub liga Inggris. Hal itu membuat nominasi kali ini dianggap terlalu condong ke Premier League.

    Baca Juga: Berniat Rekrut Pemain Israel, Liverpool Bisa Ditinggal Salah

    2. Salah membawa Liverpool jadirunner-up Liga Champions musim lalu

    Wajar jika winger Liverpool tersebut kembali menjadi favorit kali ini.Terlebih, ia mampu tampil gemilang dengan membawa Liverpool kembali jadi tim yang kembali diperhitungkan di Benua Biru setelah membawa klubnya melaju hingga final Liga Champions musim 2017/2018 sebelum kalah 3-1 dari Real Madrid.

    Ditambah lagi, kontribusi pribadinya juga tak bisa dianggap main-main. Ia mampu tampil produktif dengan mengemas 41 gol di pelbagai ajang selama tahun lalu. Sejauh ini, Salah memang memimpin daftar nominasi CAF Player of The Year atau pemain terbaik Afrika 2018. Jika itu bertahan sampai pengumuman nanti, ia tercatat sebagai pemain keempat yang memenangkan gelarback-to-back setelah pemain depan Senegal, El Hadji Diouf, legenda Kamerun, Samuel Eto'o, dan gelandang Pantai Gading, Yaya Toure.

    Baca Juga: Mohamed Salah Pemain Muslim Pertama yang Raih Player of the Year 2018 di Liga Inggris

    3. Mane jadi pesaing terberat Salah

    Namun, laju Salah juga mungkin bisa dibendung rekannya di Liverpool, Sadio Mane. Sebab, performa pemain asal Senegal itu juga sangat berarti bagi kesuksesan The Redstahun lalu. Ia menjadi trio berbahaya bersama Roberto Firmino dan Salah di lini serang Livepool.

    Apalagi Mane sekarang terus mendekat ke gelar individu paling bergengsi di Afrika tersebut. Setelah 2016 lalu ia duduk di peringkat tiga, ia berhasil naik jadi peringkat kedua pada 2017 lalu.

    4. Aubameyang samai rekor Toure dan Essien

    Satu pesaing terakhir adalah pemain berpaspor Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang. Ia pernah mendapatkan penghargaan serupa tiga tahun silam, atau tepatnya tahun 2015. Ini adalah kali kelima bagi Aubameyang masuk nominasi pemain terbaik Afrika. Ia menyamai rekor yang dibuat Yaya Toure dan Michael Essien.

    Musim ini, pemain berusia 29 tahun tersebut pindah ke Premier League. Dalam debutnya di Inggris, ia berhasil mencetak 13 gol dari 20 penampilannya. Jumlah itu berpotensi bertambah karena kompetisi di Inggris masih menyisakan banyak pertandingan lagi.

    5. Pemain terbaik Afrika akan diumumkan di Senegal

    Penghargaan ini sendiri nantinya akan ditentukan oleh beberapa penilai, di antaranya oleh pelatih tim nasional dan kapten dari 56 asosiasi anggota CAF. Pemenangnya akan diumumkan di Dakar, Senegal, pada 8 Januari 2019 mendatang. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Nominasi Pemain Terbaik Afrika 2018, Mohamed Salah Paling Diunggulkan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar