BEM SI Akan Gelar Aksi Besar-besaran pada 11 April

Daftar Isi

    Foto: Demo BEM seluruh Indonesia di depan gedung KPK. (VIVA/Andrew Tito)
     

    Lancang Kuning - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia akan menggelar aksi unjuk rasa secara serentak di seluruh Indonesia pada Senin, 11 April 2022.

    Selain menolak perpanjangan masa jabatan presiden dan penundaan pemilu, para mahasiswa juga akan menuntut Presiden Joko Widodo untuk mengkaji ulang Undang-Undang Ibu Kota Negara.

    Foto: Demo BEM se Indonesia di KPK. (VIVA / Andrew Tito) (Jakarta)

     

    Di Sekitar Istana Merdeka

    Koordinator BEM SI, Kaharuddin, memastikan bahwa pihaknya akan tetap menggelar aksi pada Senin mendatang. Namun, dia belum mamastikan lokasi aksi tersebut.

    "Jadi digelar bang tanggal 11 April. Kalau lokasi, kita masih konsolidasikan, tapi ada kemungkinan di sekitar Istana Merdeka. Kita menagih tuntutan itu kembali ke Istana lagi seperti itu," kata Kaharuddin saat dikonfirmasi, Kamis, 7 April 2022.

    Sejumlah Tuntutan

    Kaharuddin menyebutkan jika ada sejumlah tuntutan yang disuarakan pada 11 April nanti. Pertama terkait isu penundaan pemilu.

    "Yang pertama menuntut Presiden Joko Widodo bersikap tegas menolak dan memberikan pertanyaan sikap terhadap penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode, karena sangat jelas mengkhianati konstitusi," katanya.

    Kedua, lanjutnya, BEM SI akan menuntut dan mendesak Presiden Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah.

    "Serta dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial ekologi dan kebencanaan," kata Kaharuddin.

    Pada tuntutan ketiga, lanjut Kaharuddin, mahasiswa menyinggung soal bahan pokok dan kelangkaan minyak goreng.

    Mahasiswa akan mendesak pemerintah untuk segera menstabilkan kembali harga minyak goreng dan ketersediaan bahan pokok di masyarakat.

    "Keempat, kami harap Presiden Jokowi segera mengusut tuntas para mafia minyak goreng serta mengevaluasi kinerja menteri terkait," katanya.

    Mahasiswa juga menuntut soal penyelesaian konflik agraria dan meminta presiden dan wakil presiden, agar berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji kampanye di sisa masa jabatannya.

    Sebelumnya, ratusan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di sekitar Istana Merdeka pada 1 April 2022. Sekitar 1.000 mahasiswa dari berbagai kampus melakukan long march dari Kampus Trisakti menuju Istana Merdeka dan menggelar aksi di Simpang Harmoni, Jakarta Pusat. (LK)
     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Kamis, 7 April 2022 - 19:50 WIB
    Judul Artikel : BEM SI Akan Gelar Aksi Besar-besaran pada 11 April
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1464814-bem-si-akan-gelar-aksi-besar-besaran-pada-11-april?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Syahrul Ansyari,Wilibrodus

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BEM SI Akan Gelar Aksi Besar-besaran pada 11 April
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar