Rudal Termonuklir Rusia Hantam Basis Militer Ukraina Kalinovka

Daftar Isi

    Foto: Kapal perang Rusia, Vyshniy Volochek (609) menembakkan rudal 3M-54 Kalbr. (missilethreat.csis.org)

     

    Lancang Kuning – Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) melancarkan serangan masif ke basis militer Ukraina di Kalynivka, Oblast Kiev, Kamis 24 Maret 2022 malam waktu setempat. Serangan dahsyat ini dikonfirmasi langsung oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

    Dilansir VIVA Militer dari media Rusia, Newizv, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa pasukannya menggunakan rudal jelajah laut berhulu ledak termonuklir 3M-54 Kalibr (3M-54 Klub), dalam serangan tersebut.

    Tercatat militer Rusia menembakkan delpan rudal 3M-54 Kalibr, untuk menghancurkan fasilitas militer Ukraina itu.  Sasaran hantaman rudal termonuklir Rusia adalah pangkalan bahan bakar terbesar milik Angkatan Bersenjata Ukraina, yang terletak di desa Kalynivka.

    "Pangkalan bahan bakar terbesar yang tersisa dari Angkatan Bersenjata Ukraina, tempat di mana bahan bakar dipasok ke unit militer di bagian tengah negara itu telah dihancurkan," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

    Tak hanya itu, militer Rusia juga disebut telah mengerahkan unit yang disebut "Pemburu Malam" yang terdiri dari sejumlah pasukan, helikopter tempur Kamov Ka-52 Black Shark dan Mil Mi-28N.

    Serangan helikopter tempur Rusia dikonfirmasi telah menghancurkan tujuh unit tank, lima kendaraan tempur infanteri lapis baja, tiga unit pengangkut personel lapis baja dan 51 titik fasilitas militer Ukraina. (LK)



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Jumat, 25 Maret 2022 - 20:00 WIB
    Judul Artikel : Rudal Termonuklir Rusia Hantam Basis Militer Ukraina Kalinovka
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/militer/militer-dunia/1461019-rudal-termonuklir-rusia-hantam-basis-militer-ukraina-kalinovka?terbaru=3
    Oleh : Radhitya Andriansyah

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rudal Termonuklir Rusia Hantam Basis Militer Ukraina Kalinovka
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar