Rusia Disebut Dekati Fasilitas Nuklir Terbesar Kedua di Ukraina

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi pasukan Rusia. Dubes AS untuk PBB mengatakan pasukan Rusia sedang mendekati fasilitas nuklir terbesar kedua di Ukraina. Foto: (AP)

    Lancang Kuning -- Pasukan Rusia disebut sedang mendekati fasilitas nuklir terbesar kedua di Ukraina. Kondisi itu disampaikan Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfield pada Jumat (4/3) waktu setempat.

    "Pasukan Rusia sekarang berada 20 mil, dan mendekat ke fasilitas nuklir terbesar kedua di Ukraina," katanya dikutip dari CNN, Jumat (4/3).

    Meski begitu, Thomas-Greenfield tidak mengungkapkan secara langsung fasilitas nuklir mana yang sedang didekati pasukan Rusia tersebut.

    Menurut Energoatom, fasilitas nuklir terbesar kedua Ukraina - dalam hal kapasitas pembangkit listrik - adalah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Yuzhnoukrainsk di Mykolaiv Oblast, selatan Ukraina.

    Energoatom merupakan badan pengawas pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina.

    Oleh sebab itu, Thomas-Greenfield meminta Presiden Rusia Vladimir Putin segera menghentikan invasi dan serangan-serangan terhadap Ukraina yang telah terjadi hampir dua pekan ini.

    Menurutnya, bahaya yang hampir dihindari usai kebakaran di PLTN Zaporizhzhia bakal berlanjut apabila pasukan Rusia terus mendekati PLTN terbesar kedua di Ukraina.

    "Masyarakat internasional harus bulat menuntut pasukan Rusia menghentikan serangan berbahaya mereka. Dan seperti yang saya katakan sebelumnya, orang-orang Ukraina mengandalkan kami dan kami tidak boleh mengecewakan mereka," katanya.

    Sebelumnya pada hari Jumat, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia melakukan "teror nuklir" setelah pasukan Rusia menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina selatan.

    PLTN itu pun kini dikuasai pasukan Rusia, walau operasionalnya masih dijalankan oleh petugas Ukraina.

    PLTN Zaporizhzhia merupakan PLTN terbesar dan penting di Ukraina.

    CNN melaporkan, PLTN ini menaungi enam dari total 15 reaktor nuklir untuk pembangkit listrik di Ukraina. Secara keseluruhan, PLTN ini memasok 40 persen tenaga nuklir di negara itu.

    Ketika PLTN terbesar di Eropa ini terbakar, muncul kekhawatiran bencana, terutama jika reaktor nuklir meledak dan memicu peningkatan radiasi besar-besaran.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rusia Disebut Dekati Fasilitas Nuklir Terbesar Kedua di Ukraina
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar