Mendag Lutfi Jamin Harga Minyak Goreng Seragam Minggu Depan

Daftar Isi

    Foto: Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di Jambi. (VIVA/Syarifuddin Nasution)

     

    Lancang Kuning – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menegaskan dalam satu minggu kedepan semua harga minyak goreng eceran tertinggi akan langsung ditentukan Kementerian Perdagangan. 

    Dengan demikian, semua harga minyak goreng kemasan maupun curah, baik di pasar tradisional maupun ritel minimarket akan sama. Hal disampaikan Mendag Lutfi saat meninjau ketersediaan stok dan harga minyak goreng di Jambi, Jumat 25 Februari 2022.  

    "Untuk harga tetap Rp14.000 ribu/liter dan itu sesuai aturan. Minyak goreng curah masih sedikit di atas HET, sehingga menjadi kebinggungan diantara distributor dan riteler terdapat campur adukan harga baru dan lama," kata Luthfi. 

    Luthfi mengatakan kedatangan ke Jambi untuk memastikan ketersediaan stok dan harga minyak goreng. Berdasarkan pantauan, untuk wilayah Jambi dipastikan tidak ada antrean panjang warga membeli minyak goreng. Ia menjamin untuk pasokan minyak goreng sesuai ketentuan, harga jualnya pun seperti minimarket. 

    "Saya datang untuk mengecek masalah angka-harga terkini dari dashboard Kementerian Perdagangan masalah minyak goreng dan ternyata angka di dashboard Kementerian Perdagangan dan lapangan angkanya cocok, sehingga Jambi merupakan tempat pertama kita datang dan secara angka positif baik," ujarnya. 

    Ia memastikan dalam satu pekan kedepan harga eceran tertinggi minyak goreng di pasaran akan sama, karena langsung ditentukan oleh Kemendag.    "Jadi CPO dengan domestic market obligation (DMO) dikatakan melimpah dan kita akan memecah masalah dari distribusinya sehingga jangan sampai menjadi kebinggungan harga lama dan baru," terangnya.

    Sementara untuk keruwetan harga saat ini, Ia tidak mempermasalahkan namun akan terus dipantau. Satgas Pangan akan terus dikerahkan untuk memastikan minyak goreng tersedia dan terjangkau. 

    "Jadi untuk minyak goreng khususnya di Jambi diukur untuk satu bulan kedepan 5 juta liter minyak goreng," katanya.  

    Terpisah, Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan terkait harga pangan akan sering turun bersama Kapolda Jambi dan Danrem untuk sidak pasar. 

    "Kita tidak mau ada kecolongan dan kita lakukan itu supaya semua kebutuhan masyarakat terpenuhi," ujarnya, dilansir LKC dari viva.co.id 

    Menurutnya untuk menjaga kesetabilan harga ia akan terus pantau toko-toko, tujuannya untuk menstabilkan harga.
    "Alhamdulilah untuk di Jambi sekarang memiliki produksi minyak Fitco untuk masyarakat Jambi dan saya kira cukup saat ini," ungkapnya.

    Sebelumnya, kebutuhan minyak goreng di Provinsi Jambi dikabarkan mengalami kekurangan sebanyak 369 ton, dari 830 ton yang kebutuhan masyarakat Jambi. Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Amir Hasbi mengatakan, dalam sepekan kekurangan minyak goreng, meski ada pasokan namun tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.   

    "Dibutuhkan seluruh masyarakat Jambi sekitar 830 ton dan yang kurang mencapai 369 ton," ujarnya, Jumat, 25 Februari 2022.  

    Amit mengatakan, selama Februari pasokan minyak goreng di Jambi berkisar 1.007 ton. Dengan rincian, 171 ton minyak goreng di Kota Jambi, 78 ton di Batanghari, 85 ton di Muaro Jambi, 85 ton di Tebo, 58 ton di Bungo, 10 ton di Sarolangun, 85 ton di Merangin, 337 ton di Tanjung Jabung Barat, 55 ton di Tanjung Jabung Timur, 24 ton di Kerinci, dan 18 ton minyak goreng di Kota Sungai Penuh. 

    "Di Jambi ada sebesar 50 persen dari kebutuhan masyarakat jadi stok minyak goreng yang ada saat ini hanya ada 461 ton tiap minggunya jadi tidak heran ada kelangkaan minyak goreng di Jambi," katanya.  

    Amir menceritakan, terkait kelangkaan minyak goreng sangat heran dan ia pun bertanya-tanya apa sebenarnya terjadi. Sedangkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diseprindag) Provinsi Jambi menyebutkan tidak menemukan penimbunan minyak goreng dan justru sejumlah gudang mengalami kelangkaan minyak. (LK)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Jumat, 25 Februari 2022 - 17:59 WIB
    Judul Artikel : Mendag Lutfi Jamin Harga Minyak Goreng Seragam Minggu Depan
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1452888-mendag-lutfi-jamin-harga-minyak-goreng-seragam-minggu-depan?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mendag Lutfi Jamin Harga Minyak Goreng Seragam Minggu Depan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar