BMKG: Gelombang Tinggi Ancam Sebagian Wilayah Lampung

Daftar Isi

     
    Foto: Unsplash/Maxwell Gifted

    LancangKuning.Com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung menyampaikan peringatan dini tentang peluang munculnya gelombang tinggi hingga dua meter di beberapa pelabuhan laut Lampung pada Rabu pagi ini hingga malam.
     
    BMKG menyebutkan kecepatan angin dapat mencapai lebih dari 25 knot di Pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan), Merak (Banten), dan Labuhan Maringgai (Lampung Timur) serta potensi gelombang laut hingga mencapai dua meter di beberapa pelabuhan pada Rabu (26/12), dilansir dari IDN Times.

    1. Pelabuhan Kota Agung berpotensi hadapi hujan ringan

     

    Foto: Unplash/Peter Chamberlain

    Menurut keterangan pers prakirawan Stasiun Maritim Lampung di Panjang, Bandarlampung, pada Rabu pukul 07.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB, Pelabuhan Kota Agung (Tanggamus) berpotensi hujan ringan. Kecepatan angin yang bertiup dari barat hingga ke barat laut diperkirakan 2-20 knot. Gelombang laut juga diperkirakan mencapai tinggi 0,2 hingga satu meter dengan jarak pandangan 8 km.

    2. Tinggi gelombang di Pelabuhan Krui diperkirakan mencapai 2 meter
     
     

    Foto: Unsplash/Jenn Evelyn-Ann

    Sementara, di Pelabuhan Krui, Pesisir Barat, perkiraan BMKG akan terjadi hujan ringan, angin yang bertiup dari arah barat sampai utara mencapai kecepatan 5-20 knot. Tinggi gelombang diperkirakan 0,5 sampai 2 meter. Dan jarak pandang 8 km.

    3. Tinggi gelombang di Pelabuhan Bakauheni diperkirakan mencapai 1,5 meter


    Foto: Unsplash/Maxwell Gifted

    Sedangkan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, BMKG memperkirakan bahwa pelabuhan akan menghadapi hujan ringan, dengan angin bertiup dari arah barat daya sampai barat berkecepatan 5-25 knot. Tinggi gelombang mencapai 0,3 hingga 1,5 meter, dan jarak pandang 8 km.

    4. Pelabuhan Merak Banten dan Labuhan Maringgai berpotensi hujan ringan dengan angin yang
    berkecepayan 5-25 knot
     

    Foto: ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

    Selain itu, Pelabuhan Merak di Banten juga disebut berpeluang menghadapi hujan ringan. Dengan angin yang bertiup dari arah barat daya ke barat, berkecepatan hingga 5-25 knot. Tinggi gelombang mencapai 0,3-1,2 meter, dan jarak pandang 8 km.
    Kondisi cuaca serupa diprakirakan meliputi Pelabuhan Labuhan Maringgai di Lampung Timur, yang tinggi gelombang perairannya antara 0,2 dan 0,7 meter menurut prakirawan.

    5. Pelabuhan Teladasa akan hadapi kecepatan angin hingga 2-16 knot
     

    Foto: Unplash/Jenn Evelyn-Ann

    Di Pelabuhan Teladas, Tulangbawang, kondisi diperkirakan berawan dengan angin bertiup dari arah tenggara sampai barat daya dengan kecepatan mencapai 2-16 knot. Tinggi gelombang 0,2-0,6 meter, dan jarak pandang 9 km. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BMKG: Gelombang Tinggi Ancam Sebagian Wilayah Lampung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar