Heboh! Ustadz Khalid Basalamah Sebut Wayang Lebih Baik Dimusnahkan

Daftar Isi

    Foto: Ustaz Khalid Basalamah. (IG Deddy Corbuzier)


    Lancang Kuning – Beberapa hari ini, publik dihebohkan dengan viralnya video ceramah lawas ustadz Khalid Basalamah tentang wayang dilarang dalam Islam dan harus dimusnahkan. Padahal, ceramah tersebut sudah terjadi hampir 1 tahun yang lalu dan diunggah ke dalam kanal YouTube Yarif.TV. 

    Dalam video tersebut, ustadz Khalid Basalamah menerangkan tentang hukum memainkan wayang.  Seperti yang kita ketahui bahwa wayang adalah salah satu peninggalan Indonesia yang sudah mendunia. 

    Pernyataan Ustadz Khalid Basalamah tentang wayang dilarang dalam ajaran agama Islam dan lebih baik dimusnahkan ini berawal saat ada seorang jamaahnya yang bertanya tentang hukum bermain wayang dalam Islam dan kemudian ia menjawabnya demikian. 

    Pernyataan Ustadz Khalid Basalamah Tentang Wayang Haram 

    Setelah mendapatkan pertanyaan dari seorang jamaah tentang hukum memainkan wayang, ia langsung memberikan jawaban. Ia menjawab tanpa mengurangi rasa hormat terhadap budaya di Indonesia, bahwa Islam melarang permainan wayang dan sudah semestinya dimusnahkan. 

    Walaupun kesenian wayang ini adalah tradisi peninggalan nenek moyang, ia menuturkan bukan berarti permainan tersebut perlu dimainkan.  

    “Tentu saja saya sudah pernah bilang ke teman-teman sekalian, tanpa mengurangi hormat terhadap tradisi dan budaya, kita harus tahu, bahwa kita Muslim dan dipandu agama. Harusnya Islam dijadikan tradisi dan budaya. Jangan budaya di-Islamkan, susah. Meng-Islamkan budaya ini repot, karena budaya banyak sekali,” jawab Khalid dalam kanal YouTube Yarif.TV dikutip VIVA pada 14 Februari 2022, dilansir LKC dari viva.co.id 

    Berbuntut Panjang, Ustadz Khalid Dilaporkan ke Polisi 

    Deddy Corbuzier Dia juga mengatakan bahwa ujaran mengenai pengharaman produk seni wayang oleh Ustadz Khalid Basalamah adalah sebuah wacana yang sangat merugikan dan berbahaya. 

    Ia mengatakan bahwa ujaran tersebut bisa mengarah pada upaya disintegrasi bangsa. Sebab, wayang adalah produk seni budaya yang ditemukan dalam berbagai kelompok etnik Nusantara. 

    "Lebih jauh lagi, dapat dimaknai sebagai upaya memperkeruh kehidupan bermasyarakat, bahkan mengarah pada upaya disintegrasi bangsa," tambahnya. 

    Selain itu, dia mengatakan bahwa wayang adalah produk seni budaya yang mengalir dari zaman ke zaman dengan berbagai adaptasi dan pengkayaan. Sehingga bukan hanya ekspresi seninya saja, tapi juga kandungan filsafat atau moral dan etik masyarakat yang terus menuju ke depan. (LK)


    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Senin, 14 Februari 2022 - 15:46 WIB
    Judul Artikel : Heboh! Ustadz Khalid Basalamah Sebut Wayang Lebih Baik Dimusnahkan
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1449237-heboh-ustadz-khalid-basalamah-sebut-wayang-lebih-baik-dimusnahkan?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Heboh! Ustadz Khalid Basalamah Sebut Wayang Lebih Baik Dimusnahkan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar