Mahfud Tegaskan Pengukuran Lahan Desa Wadas Tetap Lanjut

Daftar Isi

    Foto: Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan terkait kondisi Desa Wadas. (VIVA.co.id/ Anwar Sadat)


    Lancang Kuning - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, memberikan perkembangan informasi mengenai kondisi di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah, yang sebelumnya dikabarkan tengah memanas. Menurut Mahfud, kondisi di Wadas saat ini sudah dalam keadaan yang kondusif. 

    Sempat Terjadi Penolakan 

    Mahfud mengatakan meski memang sempat terjadi penolakan dari warga, pengukuran lahan untuk Pembangunan Waduk Bener akan terus berjalan. Proses jalannya pengukuran akan tetap didampingi oleh aparat keamanan untuk menjaga situasi tetap kondusif. 

    "Kegiatan pengukuran tanah oleh petugas dari Kanwil BPN Jawa Tengah akan tetap dilanjutkan, akan tetap dilanjutkan dengan pendampingan pengamanan yang terukur melalui pendekatan yang persuasif dan dialogis," kata Mahfud, di kantornya, Rabu, 9 Februari 2022, dilansir LKC dari viva.co.id 

    Menurut Mahfud, seluruh tahapan kegiatan rencana penambangan selama ini sudah dikoordinasikan dan menyertakan Komnas HAM. 

    Mahfud juga memperoleh keterangan dari Komnas HAM yang menyebutkan terjadinya saling intimidasi di masyarakat yang melibatkan dua kelompok berbeda pendapat. 

    Hal yang Biasa 

    Namun menurut Mahfud, itu adalah hal yang biasa. Mahfud menegaskan penolakan dari warga tidak akan memengaruhi jalannya proyek pembangunan Bendungan Bener ini. 

    "Saya ingin tegaskan penolakan sebagian masyarakat itu tidak akan berpengaruh secara hukum. Karena tidak ada pelanggaran hukum pada rencana pembangunan atau penambangan batu andesit di Desa Wadas ini," ujar Mahfud. 

    Dia menjelaskan sebagian warga yang menolak sudah pernah mengajukan gugatan ke pengadilan tata usaha negara hingga kasasi di Mahkamah Agung. Semua gugatan tersebut ditolak. 

    "Artinya program pemerintah itu sudah benar. Sehingga kasusnya sudah lama inkracht atau berkekuatan hukum tetap. Demikian pula instrumen yang disebut analisis mengenai dampak lingkungan atau Amdal sudah terpenuhi tidak ada masalah di sini yang dilanggar," ujarnya. 

    Oleh karena itu, lanjut dia, pemerintah menghimbau agar masyarakat tidak terprovokasi dan mempercayakan penyelesaian masalah ini kepada pemerintah. (LK)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Rabu, 9 Februari 2022 - 22:18 WIB
    Judul Artikel : Mahfud Tegaskan Pengukuran Lahan Desa Wadas Tetap Lanjut
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1447985-mahfud-tegaskan-pengukuran-lahan-desa-wadas-tetap-lanjut?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mahfud Tegaskan Pengukuran Lahan Desa Wadas Tetap Lanjut
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar