Erick Thohir: Tak Hanya Garuda, BUMN Besar Lainnya Juga Akan Saya Jaga

Daftar Isi

    Foto: Erick Thohir Menteri BUMN. (VIVA/M Ali Wafa)


    Lancang Kuning – Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan akan terus berkomitmen menjaga BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa. 

    Ia mengatakan transformasi dan restrukturisasi atau program ‘bersih-bersih’ serta penyehatan kementerian dan perusahaan BUMN merupakan salah satu bagian mewujudkan komitmen tersebut. 

    "Selama saya menjadi Menteri BUMN, tidak hanya Garuda, tapi seluruh BUMN lain akan saya jaga agar lebih sehat. Terutama yang besar-besar, seperti Kereta Api, Pertambangan, Minyak, PLN, kita harus jaga, Karena ini juga bagian dari kehidupan masyarakat kita dan untuk kesejahteraan bangsa Indonesia," ucap Erick dalam salah satu acara, Rabu 12 Januari 2022, dilansir LKC dari Viva.co.id  

    Terbaru, Erick mengambil langkah tegas dan berani dalam proses transformasi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan melaporkan adanya indikasi korupsi ke Kejaksaan Agung (Kejagung). 

    Mantan Presiden Inter Milan tersebut menegaskan segala upaya akan dilakukan untuk mentransformasi Garuda agar dapat berkontribusi meningkatkan pendapatan negara dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

    "Kita akan pastikan melakukan restrukturisasi besar-besaran terhadap Garuda, seperti yang kita lakukan di PTPN. Ketika ada hutang Rp 41 triliun, kita rapihkan hutangnya, PTPN yang tadinya rugi Rp 1,4 triliun, bisa untung Rp 2,3 triliun. Sama juga dengan keuangan BUMN, itu yang bisa kita janjikan, yakni BUMN makin sehat," tegas Erick.  

    Erick juga menegaskan sedang membersihkan perusahaan BUMN lain yang bermasalah, tidak hanya Garuda. Sehingga, perusahan-perusahaan pelat merah memiliki sistem administrasi yang professional dan transparan serta menguntungkan bagi negara. 

    "Dalam melakukan transformasi BUMN atau ‘bersih-bersih’, kita tidak bisa bicara satu per satu, tapi kita harus bongkar sistemnya. Karena itu, ini merupakan program dari pada ‘bersih-bersih’ yang kita harapkan juga ada perbaikan dari pada administratif secara menyeluruh," jelas Erick.  

    Terakhir, Erick yang juga Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menyatakan transformasi di Garuda dan perusahaan BUMN lainnya akan terus berjalan. 

    Dalam hal Garuda, ia berkomitmen menyehatkan Garuda agar bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan turut menyeimbangkan pasar penerbangan di Indonesia. 

    "Meskipun ada pihak swasta, tapi peran BUMN ialah sebagai penyeimbang pasar. Makanya Garuda harus terbang lagi, ekosistem industri penerbangan Indonesia harus sehat, supaya ada balance dari ekonomi. Tapi dengan manajemen yang profesional, dan tata cara beroperasional yang baik," kata Erick. (LK)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Rabu, 12 Januari 2022 - 19:20 WIB
    Judul Artikel : Erick Thohir: Tak Hanya Garuda, BUMN Besar Lainnya Juga Akan Saya Jaga
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1440016-erick-thohir-tak-hanya-garuda-bumn-besar-lainnya-juga-akan-saya-jaga?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Erick Thohir: Tak Hanya Garuda, BUMN Besar Lainnya Juga Akan Saya Jaga
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar