Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Berkunjung ke Taman Nasional Komodo!

Daftar Isi

    FOTO: Taman Nasional Komodo

    LancangKuning.Com, JAKARTA - Salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang menjadi kebanggaan Indonesia, Taman Nasional Komodo semakin populer sebagai objek wisata bertaraf internasional. Menurut Data Balai Taman Nasional Komodo, taman nasional kedatangan wisatawan hingga 80598 selama paruh pertama tahun 2018.

    Seiring meningkatnya kunjungan wisata ke Taman Nasional Komodo, tentu semakin meningkat pula pendapatan daerah setempat. Namun banyaknya wisatawan juga semakin meningkatkan risiko kerusakan lingkungan. Sebagai contoh terjadi kebakaran lahan di Gili Lawa pada bulan Agustus lalu. Hal ini disebabkan karena para pengunjung kurang memahami peraturan yang berlaku.

    Melansir dari Liputan6, Ada beberapa larangan yang harus dipatuhi wisatawan lokal maupun asing saat berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Berikut ini beberapa di antaranya.

    1. Dilarang menyalakan api

    Shana Fatina, PIC Labuan Bajo Pokja Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata menyebut larangan pertama adalah menyalakan api. Tak hanya menyalakan api unggun, sekadar merokok pun dilarang. Tindakan ini bisa saja memancing kebakaran seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

    2. Dilarang menyentuh satwa

    Karena Taman Nasional Komodo juga terkenal sebagai destinasi menyelam dengan total 11 titik penyelaman, para penyelam diminta tak menyentuh karang. Shana menerangkan, penyelam di Taman Nasional Komodo adalah mereka yang memegang level advance.

    "Kalau masih baru, lebih baik bilang sama guide-nya. Nanti dia akan mengarahkkan ke lokasi yang lebih pas," ujarnya.

    3. Dilarang membawa botol air minum sekali pakai dan styrofoam

    Larangan lainnya adalah membawa air minum dalam kemasan sekali pakai dan kemasan styrofoam. Maka itu, para turis diwajibkan untuk membawa botol minum dan makan yang lebih ramah lingkungan. Anda juga wajib membawa pulang sampah yang dihasilkan.

    4. Dilarang mengambil apa pun dari kawasan taman nasional

    Anda wajib membawa pulang kembali sampah yang Anda bawa. Tetapi Anda tak boleh mengambil dan membawa pulang apa pun yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Bahkan satwa yang sudah mati dan pasir pun terlarang untuk dibawa pulang. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Berkunjung ke Taman Nasional Komodo!
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar