30 Kapal Perang Akan Dikerahkan Dalam Latihan Besar-besaran TNI AL

Daftar Isi

    Foto: Kapal perang TNI. (TNI AL)

     

    Lancang Kuning – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut dalam waktu dekat ini akan menggelar latihan pendaratan Amfibi besar-besaran yang melibatkan seluruh unsur kekuatan tempur TNI Angkatan Laut. Latihan akan digelar di Pulau Dabo Singkep, Kepulauan Riau.

    Tidak tanggung-tanggung, dalam latihan pendaratan amfibi besar-besaran itu, TNI Angkatan Laut akan mengerahkan 30 kapal perang sekaligus. Hal itu diungkapkan oleh Panglima Koarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah ketika memimpin pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG) di Markas Komando Armada (Koarmada) I, Jakarta Pusat.

    “Latihan operasi pendaratan amfibi kali ini termasuk latihan yang cukup besar karena melibatkan 30 kapal perang dan merupakan latihan yang langka, oleh karena itu manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin guna peningkatan profesionalisme baik perorangan maupun tim work kapal,” kata Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, Senin, 18 Oktober 2021. 

    Untuk diketahui, Pangkoarmada l selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Operasi Pendaratan Amfibi (Pangkogasgabfib) sebelumnya telah melakukan pengecekan kesiapan personel dan alutsista yang tergabung Latihan Operasi Amfibi secara virtual. 

    Sementara, TFG yang digelar di Koarmada I itu merupakan metode dalam latihan guna menguji pemahaman pelaku terhadap rencana operasi yang telah disusun. 

    Menurut Pangkoarmada I, melalui TFG akan tergambarkan situasi jalannya operasi latihan yang akan dilaksanakan, waktu perwaktu, siapa berbuat apa akan tergambar secara gamblang di atas peta TFG.

    “Namun demikian Latihan Operasi Pendaratan Amfibi ini bukan dalam rangka pembinaan, akan tetapi ujian atas hasil pembinaan yang telah dilakukan selama ini, karenanya diakhir pelaksanaan latihan, diharapkan masukan dan saran sebagai bahan evaluasi pembinaan kedepan, termasuk terhadap Doktrin Operasi Pendaratan Amfibi itu sendiri apakah masih relevan atau tidak dihadapkan dengan perkembangan alutsista,” ujar Pangkoarmada I. (LK)

     


    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita 30 Kapal Perang Akan Dikerahkan Dalam Latihan Besar-besaran TNI AL

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 30 Kapal Perang Akan Dikerahkan Dalam Latihan Besar-besaran TNI AL
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar