Langkah Penggunaan Teknologi Cloud

Daftar Isi

    Cloud Computing dan Pemanfaatannya bagi Kehidupan Sehari-Hari - Blog  Wowrack Indonesia

    LancangKuning  -  Cloud computing adalah teknologi yang menggunakan internet sebagai pusat server atau provider. Singkatnya, komputasi awan adalah komputasi berbasis internet yang menjalankan program atau aplikasinya dengan koneksi internet. Semua data dan file Anda disimpan secara online dan terintegrasi dengan beberapa gadget yang Anda atau perusahaan Anda miliki.

    Cloud computing memiliki berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Berdasarkan lokasinya, teknologi diklasifikasikan sebagai berikut:

    Pengertian Cloud Computing

    Private Cloud

    Private Cloud adalah jenis cloud di mana sumber daya digunakan hanya untuk satu organisasi. Sesuai dengan namanya, penggunaannya adalah melalui intranet (jaringan pribadi).

    Oleh karena itu, tingkat keamanan dan pengendaliannya sangat tinggi karena penggunaannya tidak dibagi dengan pihak atau kelompok lain.

    Jenis ini sering digunakan untuk interaksi intrabisnis yang memerlukan akses ke pengelolaan, kepemilikan, dan pengoperasian cloud hanya untuk satu organisasi secara internal.

    Community Cloud

    Jika cloud komunitas,pemakai sumber dayanya digunakan untuk komunitas dan organisasi tertentu. Jadi, semua akses tata kelola, kepemilikan, dan operasi cloud dapat diakses oleh pihak-pihak yang berada dalam atau memiliki hubungan atau visi yang sama dengan komunitas dan organisasi tertentu.Penggunaannya dapat 

    Public Cloud

    Komputasi awan tipe cloud publik, seperti namanya, dapat diakses oleh publik yang sumber daya komputasinya dilayani oleh pemerintah. Infrastruktur komputasi awan publik ini sepenuhnya berada di perusahaan penyedia layanan komputasi awan. Cloud publik ini cocok digunakan sebagai media interaksi tipe B2C atau Business to Consumer. Awan publik juga menggunakan sumber daya komputasi yang fiturnya dilakukan oleh pemerintah.

    Hybrid Cloud

    Untuk jenis cloud hybrid, sumber daya komputasi yang digunakan terikat bersama tetapi melalui cloud yang berbeda. Hybrid cloud juga dapat dikatakan sebagai kombinasi dari private cloud dan public cloud. Jenis kombinasi ini memungkinkan Anda untuk menggunakan salah satu dari dua jenis cloud, tergantung pada apa yang ingin dicapai oleh perusahaan Anda.

    Komputasi awan tipe hybrid cloud dapat digunakan baik untuk interaksi B2B (Business to Business) dan B2C.

    Manfaat Cloud Computing

    Sebuah Penyimpanan data terpusat

    Dengan komputasi awan, semua penyimpanan data tersedia secara virtual. Jadi, menggunakan infrastruktur tambahan seperti data center, media penyimpanan, dan lain sebagainya.

    Keamanan data

     Keamanan data komputasi cloud tergantung pada jaminan yang ditawarkan oleh merek atau perusahaan penyedia layanan teknologi itu sendiri. Ciri jaminan tersebut jaminan platform teknologi, jaminan ISO, jaminan data pribadi, dan lain sebagainya.

    Penggunaannya sangat fleksibel

    Dengan teknologi cloud computing, Anda akan dengan mudah dapat mengakses data Anda kapan saja di mana saja melalui perangkat Anda selama perangkat tersebut telah terinstal aplikasi atau program yang mendukung dan ada koneksi internet. Kita juga bisa s menambah kapasitas penyimpanan data tanpa perlu menggunakan perangkat hard disk tambahan.

    Penghematan biaya

    Seperti yang telah disebutkan secara singkat, Anda dapat menghemat biaya dengan menggunakan teknologi cloud computing. Anda tidak perlu lagi menganggarkan untuk kebutuhan inventory seperti harddisk dan berbagai infrastruktur tambahan lainnya. Kalau kamu menggunakan cloud computing, Anda hanya perlu membayar sesuai fasilitas dan paket layanan yang telah Anda sepakati dengan penyedia cloud computing pilihan Anda. Antara lain Anda juga tidak perlu lagi membayar royalti lisensi software karena teknologi ini berjalan pada komputasi berbasis cloud.

    (Ilham)

     

    
     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Langkah Penggunaan Teknologi Cloud
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar