Kukerta UNRI Nagari Pariangan Taja Aksi Gemar Membaca dengan Sudut Literasi

Daftar Isi

    Foto: Mahasiswa/Mahasiswi Kukerta dan anak-anak dalam kegiatan literasi membaca 

     

    Lancang Kuning - Mahasiswa Universitas Riau yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) di Nagari Pariangan khususnya di wilayah Jorong Sikaladi mendirikan sudut literasi dan telah diresmikan pada hari kamis, 5 Agustus 2021.

    Sudut literasi merupakan tempat yang disediakan bagi masyarakat Sikaladi, khususnya pelajar sekolah dasar yang ingin membaca buku dan meminjam buku secara gratis yang berada di Gedung Olahraga (GOR), 

    Saat ini minat baca di Indonesia masih sangat minim. Berdasarkan data UNESCO dari 1.000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang rajin membaca, terlebih pandemi membuat anak-anak semakin dekat dengan gawai.

    Semenjak pandemi pun proses belajar dan mengajar dilakukan secara daring, dan siswa-siswi dilarang untuk beraktifitas disekolah dan perpustakan sekolah sebagai salah satu tempat pusat membaca untuk pelajar juga dipaksa ditutup.

    Hal ini membuat tim KUKERTA Universitas Riau membuat pusat bacaan untuk meningkatkan minat membaca bagi pelajar. 

    Jenis buku yang tersedia di rak sudut literasi beragam, mulai dari bacaan anak, buku agama, buku pelajaran dan buku pengetahuan umum.

    Buku ini diperoleh dari hasil donasi yang dilakukan sebelum keberangkatan tim KUKERTA Universitas Riau ke Pariangan. Dari buku yang terkumpul, sebelumnya tim melakukan pemilihan untuk buku yang cocok dan masih layak untuk dibaca dan melakukan pendataan buku agar buku tetap terjaga.

    Tim KUKERTA Universitas Riau akan tetap menerima donasi buku dari pihak manapun untuk menambah buku bacaan di sudut literasi. 

    Anak-anak jorong Sikaladi terlihat sangat antusias menyambut sudut literasi. Hal ini terlihat dari sebelum peresmian dilakukan, mereka mengambil buku yang ada di rak dan membaca buku tersebut.

    Meski terlihat sederhana, dengan adanya sudut lietrasi ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak-anak jorong Sikaladi. 

    Setelah peresmian sudut literasi tim Kukerta tetap melakukan monitoring dan membersihkan area sudut literasi saat tim melaksanakan kegiatan di GOR jorong Sikaladi.

    Pengelolaan sudut literasi akan diserahkan kepada Ikatan Mahasiswa Sikaladi dan Karang Taruna setelah tim KUKERTA Universitas Riau kembali ke Pekanbaru, Riau. (LK/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kukerta UNRI Nagari Pariangan Taja Aksi Gemar Membaca dengan Sudut Literasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar