WHO Minta Semua Negara Setop Pemberian Vaksin Booster

Daftar Isi

    Foto: Vaksinasi untuk nakes di Semarang beberapa waktu lalu. (RSWN Semarang)

     

    Lancang Kuning – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyerukan penghentian sementara pemberian booster vaksin COVID-19 hingga akhir September.

    Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan seruan penghentian sementara booster vaksin ini lantaran masih adanya kesenjangan antara vaksinasi di negara-negara kaya dan miskin.

    Seruan untuk moratorium adalah pernyataan terkuat dari badan PBB pada saat negara-negara mempertimbangkan perlunya booster untuk memerangi varian Delta yang menyebar cepat.

    "Saya memahami keprihatinan semua pemerintah untuk melindungi rakyatnya dari varian Delta. Tetapi kami tidak dapat menerima negara-negara yang telah menggunakan sebagian besar pasokan vaksin global untuk menggunakan lebih banyak lagi," ungkap Tedros seperti dikutip dari laman Asiaone.

    Negara-negara berpenghasilan tinggi memberikan sekitar 50 dosis untuk setiap 100 orang pada bulan Mei, dan jumlah itu meningkat dua kali lipat, menurut WHO. Negara-negara berpenghasilan rendah hanya mampu memberikan 1,5 dosis untuk setiap 100 orang, karena kurangnya pasokan.

    "Kami membutuhkan pembalikan mendesak dari sebagian besar vaksin yang masuk ke negara-negara berpenghasilan tinggi ke sebagian ke negara-negara berpenghasilan rendah," kata Tedros.

    Untuk melawan penyebaran varian Delta, beberapa negara telah mulai menggunakan atau mulai mempertimbangkan kebutuhan dosis booster bahkan ketika para ilmuwan memperdebatkan apakah suntikan tambahan diperlukan atau tidak.

    “Fakta bahwa kami memvaksinasi orang dewasa yang sehat dengan dosis booster vaksin COVID-19 adalah cara berpikir yang picik,” kata penasihat medis penyakit menular untuk kampanye akses Medecins Sans Frontieres, Elin Hoffmann Dahl.

    Dia menambahkan,  dengan munculnya varian baru, jika terus membiarkan sebagian besar dunia tidak divaksinasi, maka pasti akan membutuhkan vaksin yang disesuaikan di masa depan.

    Pekan lalu, Presiden Israel Isaac Herzog menerima suntikan ketiga vaksin virus corona, sebagai pertanda dimulainya kampanye untuk memberikan dosis booster kepada orang berusia di atas 60 tahun di negara itu.

    Amerika Serikat pada bulan Juli menandatangani kesepakatan dengan Pfizer Inc dan mitra Jerman BioNTech untuk membeli 200 juta dosis tambahan vaksin COVID-19 mereka untuk membantu vaksinasi anak serta kemungkinan suntikan booster. Regulator kesehatan AS masih menilai perlunya dosis booster. (LK)


    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita WHO Minta Semua Negara Setop Pemberian Vaksin Booster

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel WHO Minta Semua Negara Setop Pemberian Vaksin Booster
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar