Peluang Airlangga Maju Nyapres 2024, Begini Ulasan Pengamat Politik

Daftar Isi

      

    Foto: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.


    Lancang Kuning - Pengamat politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Indaru Setyo Nurprojo, mengatakan untuk bisa bersaing dalam Pilpres 2024, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto harus memilih pasangan calon wakil presiden (Cawapres) yang tepat.

    Indaru berujar, Airlangga Hartaro harus memilih wakil yang memiliki pengalaman birokrasi yang teruji dari tingkat bawah.

    "Selain memiliki pengalaman dalam pemerintahan dari tingkat bawah, calon wakil presiden yang akan mendampinginya harus mampu mengangkat elektabilitas Airlangga," ujarnya, saat dikonfirmasi, Jumat (30/7/2021).

    Ia menyebut, pendamping Airlangga juga harus mengakar di masyarakat. Misalnya, seorang kepala daerah di Pulau Jawa, dinilai sangat tepat untuk mendampingi Airlangga.

    Partai Golkar dinilai memiliki modal bagus untuk mengajukan calon presiden sendiri. Sebab, kader Partai Golkar di tingkat daerah, bisa menjadi alat untuk ikut mengangkat elektabilitas Airlangga.

    "Namun, itu belum cukup. Harus diikuti sejumlah terobosan. Termasuk memilih wakil yang tepat," ujarnya, dilansir LKC dari Tribunnews.com

    Airlangga bisa menjadi tokoh alternatif untuk menjadi calon presiden pada Pilpres 2024. Meskipun saat ini, berdasarkan beberapa survei, popularitas dan elektabilitas Menko Perekonomian itu relatif masih rendah.

    "Perlu banyak sentuhan dan strategi dalam mengenalkan Airlangga ke masyarakat. Ada banyak faktor yang bisa mendongkrak elektabilitasnya. Salah satunya dengan menggandeng kepala daerah," ujarnya.

    Sejumlah kepala daerah yang memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi berdasarkan survei antara lain; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peluang Airlangga Maju Nyapres 2024, Begini Ulasan Pengamat Politik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar