Destinasi Wisata Gunung Papandayan di Garut

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Gunung Papandayan adalah sebuah kompleks gunung api yang terletak di Kabupaten Garut, di sebelah tenggara kota Bandung di Jawa Barat, Indonesia. Jaraknya sekitar 15 km ke arah barat daya kota Garut. Di puncak, ada empat kawah besar yang berisi gunung api aktif. Letusan pada tahun 1772 menyebabkan sisi timur laut runtuh menghasilkan longsoran puing bencana yang menghancurkan 40 desa dan menewaskan hampir 3.000 orang. Erupsi tersebut memotong gunung api menjadi bentuk yang lebar dengan dua puncak dan daerah datar selebar 1,1 km dengan kawah Alun-Alun di tengahnya, sehingga menjadikan gunung tersebut sebagai gunung berapi kembar; salah satu puncaknya disebut Papandayan dan yang lainnya disebut Gunung Puntang.

                   Sejak 1772, hanya letusan kecil yang tercatat sebelum letusan eksplosif yang dimulai pada November 2002. Baru-baru ini, gunung berapi ini cukup aktif. Pada tanggal 13 Agustus 2011 status peringatan dini gunung api dicabut dari Level II Waspada menjadi Level III Waspada (Siaga) menyusul serentetan kejadian yang berlangsung lama, meningkatnya laju gempa tektonik gunung api. , dan persentase yang sangat tinggi (100%) dari gas karbon dioksida terukur di tanah di kawah puncak. Orang-orang, termasuk wisatawan, dihimbau untuk tetap berada setidaknya 2 kilometer (1,2 mil) dari kawah kuning di Gunung Papandayan setinggi 2.665 meter (8.743 kaki).Pada hari Jumat, 2 September 2011, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geofisika Indonesia melaporkan bahwa banyak gempa vulkanik dangkal telah dicatat bersama dengan indikasi aktivitas vulkanik lainnya. Seorang juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia mencatat bahwa jika Gunung Papandayan meletus, lebih dari 170.000 orang yang tinggal di lima kecamatan terdekat dan di dua puluh desa dapat terkena dampaknya. Dari orang-orang yang kemungkinan akan terkena dampak, diperkirakan mungkin sebanyak 11.500 orang mungkin perlu dievakuasi.

                   Kenyataannya, pengalaman mendaki kompleks gunung papandayan yang terletak di Garut, Jawa Barat, seringkali melampaui ekspektasi hampir semua pendaki, bahkan mereka yang pada awalnya mungkin meremehkan gunung berapi yang masih aktif dan menganggap enteng pendakian ke sana. Pendaki dapat melihat dan bermain di air hangat yang mengalir di Gn. Sungai belerang kecil Papandayan selama pendakian mereka ke puncak. Cara menuju lokasi: Dari Jakarta, pendaki bisa naik bus dari terminal Kampung Rambutan di Jakarta Timur atau terminal bus Lebak Bulus di Jakarta Selatan, langsung ke Garut, Jawa Barat, yang berangkat setiap 30 menit. Tarifnya Rp 35.000. Dari terminal Garut, naik angkot menuju Cikajang seharga Rp 8.000  sebut saja Gunung Papandayan dan pengemudi angkot akan tahu ke mana harus menurunkan Anda. Anda akan tiba di jalan tiga bagian dengan masjid di dekatnya. Dari sana menuju titik awal pendakian, naiklah menggunakan pick-up yang dikenakan biaya Rp 10.000 per orang, tergantung jumlah penumpang.

    Tempat – tempat yang dapat di jumpai ketika mendaki di Gunung Papandayan adalah

    1. Hutan Mati Papandayan

    Secara harfiah berarti 'Hutan Kematian Papandayan', tempat ini memang terlihat seperti dunia lain. Ini adalah hutan pohon mati, dengan batang gelap dan cabang tak berdaun. Tempat ini bisa menyeramkan, terutama saat berkabut. Anda akan merasa seperti sedang bertualang ke dunia lain, apalagi dengan cuaca yang dingin. Hutan mati di sini agak mirip dengan yang ada di Kawah Putih Ciwidey.

    2.      Edelweiss Park

    Edelweiss, atau dikenal sebagai bunga abadi, adalah spesies langka dan terancam punah, terutama di Indonesia. Banyak pendaki dan pengunjung memetik bunga ini sebagai oleh-oleh dari perjalanan mereka. Di Papandayan, bunga ini sangat dilindungi. Bahkan ada taman besar Edelweiss di mana Anda bisa menikmati bunga ini di habitat aslinya

    3.      Papandayan Leisure Park

    Ini adalah sebuah resor di lereng Gunung Papandayan. Memanfaatkan kontur daerah yang sejuk dan berbukit, resort ini merupakan pengembangan pariwisata modern di daerah ini. Anda bisa trekking, berkemah, bermain, berkumpul, dan melakukan banyak aktivitas lainnya di sini. Ini adalah resor terlengkap di Papandayan di mana Anda bisa mendapatkan semua fasilitas dan akomodasi di satu tempat.

    (Michael)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Destinasi Wisata Gunung Papandayan di Garut
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar