Air Terjun Batu Dinding, Objek Wisata Kebanggaan Desa Tanjung Belit Lipat Kain Kampar Kiri Hilir Riau

Daftar Isi

    Wisata Riau - Air Terjun Batu Dinding terdapat di desa Tanjung Belit Lipat Kain Kec. Kampar Kiri Hilir, Riau. Perjalanan menuju tempat keberadaan Air Terjun Batu Dinding ini selama tiga jam dari Kota Pekanbaru. Pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua/empat juga bisa mampir di tengah perjalanan di tempat wisata di Lipat Kain lainnya yaitu, Istana Kerajaan Gunung Sahilan dan Tugu Equator (Tugu Khatulistiwa).

    Pemandangan menuju Air Terjun Batu Dinding, merupakan pemandangan khas Sumatera, ada kebun karet, kebun sawit, hutan belukar dan juga sungai Kampar. Lokasi Air Terjun Batu Dinding di Desa Tanjung Belit, Kec. Kampar Kiri Hilir, Kab. Kampar. Air Terjun yang ada di sini akan memanjakan Para Wisatawan yang berkunjung dengan daya tarik yang dimilikinya. Air Terjun Batu Dinding ini juga salah satu tempat wisata yang dekat dari Pekanbaru.

    Jika dari Kota Pekanbaru Wisatawan harus menuju ke arah Lipat Kain dengan jarak 72 km. Kemudian dilanjutkan ke Desa Gema sekitar 27 km dari Lipat Kain. Selanjutnya  harus menyusuri perkebunan sawit, perkebunan karet, hingga hutan hujan tropis yang ada di Desa Tanjung Belit. Menelusuri perjalanan ini membutuhkan stamina yang cukup banyak, persiapkan diri sebelum melakukan perjalanan.

    Untuk sampai ke tempat lokasi Air Terjun, Wisatawan harus rela menempuh jalanan yang berliku, jalan setapak yang curam tajam sekitar 60 menit. Jika tidak ingin terlalu lelah maka Wisatawan bisa menggunakan perahu pompong, tentu dengan mengeluarkan ganti rugi jasa untuk pemilik pompong yang digunakan, tidak terlalu mahal, sekitar Rp.10.000,- per orang.

    Di lokasi Air Terjun Batu Dinding juga terdapat tempat untuk sekedar melepas lelah. Sungai yang ada di tempat air terjun memilliki air yang sangat jernih dengan bebatuan yang besar. Gemericik air terjun yang terjatuh dari puncaknya akan terdengar oleh pengunjung. Puncak Air terjunnya tidak terlalu tinggi.

    Air yang dingin dan segar membuat pengunjung tidak sabaran untuk langsung menyemplung ke dalam kolamnya. Berdiri dan bermain air langsung di bawah curahan air yang jatuh dari puncak akan terasa sensasi tersendiri. Di kolam ini kita juga bisa berenang dengan gaya apapun, sensasi kesegarannya sangat asik sekali.

    Kolam air terjun memiliki kedalaman sekitar empat meter. Jika ingin menyebur ke kolam harus hati-hati karena kolam ini memiliki dasar yang landai, di tengah kolam lebih dalam lagi. Dasar kolam yang berbatu besar juga sangat dikhawatirkan jika pengunjung main lompat saja dari puncak air terjun dengan kepala yang terlebih dahulu sampai ke dasar kolam. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Air Terjun Batu Dinding, Objek Wisata Kebanggaan Desa Tanjung Belit Lipat Kain Kampar Kiri Hilir Riau
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar